PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY WISATA PULAU UNTUNG JAWA

Jhon Viter

Sari


Abstract

Corporate identity design required for the development of tourism on the island of Java and the profit to build the company's image. The concept of corporate identity design Untung Jawa Island districts South Thousand Islands, Thousand Islands regency, Jakarta made in accordance with the identity of this island, that island with a variety of offerings beautiful natural charm as well as providing full facilities for travel needs at an affordable price. Through the corporate identity logo design with eye catching impression of the concept, of the elements that are applied as an attraction that shows the personality characteristic of the island, and then apply it on various media related promotions. In the design, method of designing a technique or method used in designing a corporate identity. The method used in this design, among others through observation and data collection of reference works, while the application of methods of data analysis using SWOT qualitative analysis to solve the problem of designing corporate identity Untung Jawa Island itself. Application of the concept is applied focusing on segmentation of natural tourism, where nature contained in Untung Jawa Island is a potential and have a strong appeal for the people of Indonesia and foreign tourists who want to try the potential of exotic island and its facilities are provided. This is the basic design concept of corporate identity, developed into a key to reveal the identity as a tourist attraction.

Keywords: redesign, corporate identity, Untung Jawa Island, tourism information

                                                   Abstrak

Desain corporate identity diperlukan untuk  pengembangan pariwisata di pulau untung jawa dan untuk membangun citra perusahaan. Konsep perancangan corporate identity Pulau Untung Jawa kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta dibuat sesuai dengan identitas dari pulau ini, yaitu pulau dengan berbagai sajian pesona alamnya yang indah serta menyediakan fasilitas lengkap untuk kebutuhan wisata dengan harga terjangkau. Melalui perancangan logo pada corporate identity dengan konsep kesan eye catching, dari elemen-elemen yang diterapkan sebagai daya tarik  yang menunjukkan kepribadian ciri khas  dari pulau tersebut, kemudian mengaplikasikannya pada berbagai media promosi yang terkait. Dalam perancangannya, metode perancangan merupakan teknik atau cara yang digunakan dalam merancang sebuah corporate identity. Metode yang dilakukan pada perancangan ini antara lain melalui pengumpulan data secara observasi dan acuan karya, sedangkan penerapan metode analisis datanya menggunakan analisa kualitatif SWOT untuk memecahkan masalah perancangan corporate identity Pulau Untung Jawa itu sendiri. Penerapan konsep yang diterapkan berfokus pada segmentasi pariwisata alamnya, dimana wisata alam yang terdapat di Pulau Untung Jawa sangat berpotensi dan memiliki daya tarik yang kuat bagi masyarakat Indonesia dan para turis asing yang ingin mencoba potensi pulau yang eksotis beserta sarana yang diberikan. Inilah yang menjadi dasar perancangan konsep corporate identity, yang dikembangkan menjadi kunci memunculkan identitas sebagai daya tarik pariwisata.

Kata kunci: Pulau Untung Jawa, perancangan identitas pulau


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Lillian, Garreth. (1986). Disain Visual. Penerjemah Budihardjo Wiryodirdjo dan Bambang Dwiantoro. Yogyakarta: Fakultas Senirupa dan Disain ISI.

Napoles, Veronica. (1988). Corporate ldentity Design. New York: Van Nostrand Reinhold.

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Supriyono, Rahmat. (2010). Desain Komunikasi Visual, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365