STRATEGI PERANCANGAN PROMOSI PARIWISATA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) WARUNG GO-SIP DI PULAU UNTUNG JAWA, KEPULAUAN SERIBU, JAKARTA

Christophera Lucius

Sari


Abstract

In 2002 Pulau Untung Jawa where located in Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, the government proclaimed as Desa Wisata Nelayan. Tourism in Pulau Untung Jawa is an attractive alternative for people in Jakarta and Tangerang requiring sights on weekends or on holidays. Pulau Untung Jawa residents also participate in the tourism program by providing a wide range of tourist facilities. One of the facilities is a favorite eating place in Pulau Untung Jawa, namely WARUNG GO-SIP. Although visitors quite crowded, especially on weekends and holidays, but visitors who come do not get the information about the communicative WARUNG GO-SIP. It is necessary for the design strategy of tourism promotion of UKM WARUNG GO-SIP is focused on the field of Visual Communication Design in the implementation of this program Community Services. The design strategy is based on the 5D Methodology of Design: Phase Discover, Define Phase, Design Phase, Phase Develop and Deliver Phase. The output of the print and visual media digital visual media that has been handed over to the owner WARUNG GO-SIP.

 

Keywords: tourism promotion, UKM Pulau Untung Jawa, warung go-sip.

Abstrak

Pada tahun 2002 Pulau Untung Jawa, yang terletak di Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, oleh pemerintah dicanangkan sebagai Desa Wisata Nelayan. Pariwisata di Pulau Untung Jawa merupakan alternatif yang menarik bagi penduduk di wilayah Jakarta dan Tangerang yang membutuhkan tempat wisata di akhir pekan atau di hari-hari libur. Para penduduk Pulau Untung Jawa juga ikut berperanserta dalam program pariwisata tersebut dengan menyediakan berbagai fasilitas wisata. Salah satu fasilitas itu adalah tempat makan favorit yang ada di Pulau Untung Jawa yaitu WARUNG GO-SIP. Meskipun pengunjungnya cukup ramai terutama pada akhir minggu dan hari-hari libur, tetapi pengunjung yang datang tidak mendapatkan informasi yang komunikatif tentang WARUNG GO-SIP. Untuk itu diperlukan strategi perancangan promosi pariwisata UKM WARUNG GO-SIP yang difokuskan pada bidang Desain Komunikasi Visual dalam pelaksanaan program Pengabdian pada Masyarakat ini. Strategi desain tersebut didasarkan pada 5D Methodology of Design: Discover Phase, Define Phase, Design Phase, Develop Phase, dan Deliver Phase. Output yang dihasilkan berupa media visual cetak dan media visual digital yang telah diserahkan kepada pemilik WARUNG GO-SIP.

Kata kunci: promosi pariwisata, UKM Pulau Untung Jawa, warung go-sip

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Dikti. (2015). Panduan Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi Edisi IX, DP2M, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Karjaluoto, Eric. (2013). Design Method, The: A Philosophy and Process for Functional Visual Communication (Voices that Matter), New Riders, Peachpit.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365