PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH REMAJA DI SMAN 101 JAKARTA BARAT
Sari
Abstract
Writing is a very important creative activity because one can easily convey ideas or opinions verbally to audiences. The purpose of writing is to change the belief of the reader, instill an understanding to the reader, and stimulate the thinking process to the author. A writing itself can be divided into two namely, scientific writing and non-scientific writing. To write a good paper is not easy, often said to be a difficult job. This happens to students at SMAN 101 Jakarta. The students complained about not being able to make good and true scientific papers. Thus, the purpose of this study is to provide writing training to students of SMAN 101 so that they can write good and correct papers. The execution method is carried out by holding training for three months every Thursday from 15.00 to 16.30. Each training is given different materials. After the materials were given, the students were then given the task of creating scientific papers. The results obtained after the writing of this writing is that students are gradually able to make good and correct writing. Then, the emergence of self-confidence in the students to start following the writing contest. The conclusion of the writing exercise is the change of views from the students on how to write scientific papers, where before they did not know how to make a good and correct writing. After attending the event, they finally made a good paper and in accordance with the existing provisions. In addition, the students also began to believe in following scientific writing competitions.
Keywords: Writing, Scientific Writing, Writing Training
Â
Abstrak
Menulis merupakan kegiatan kreatif yang sangat penting karena seseorang dapat dengan mudah menyampaikan ide atau pendapatnya secara verbal ke khalayak. Tujuan menulis adalah untuk merubah keyakinan pembaca, menanamkan pemahaman kepada pembaca, dan merangsang proses berfikir kepada penulis. Suatu tulisan sendiri dapat dibagi menjadi dua yaitu, tulisan ilmiah dan tulisan nonilmiah. Untuk menulis suatu karya tulis yang baik tidaklah mudah, bahkan sering dikatakan pekerjaan yang sulit. Hal ini yang terjadi pada siswa di SMAN 101 Jakarta. Para siswanya mengeluh karena tidak mampu membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pelatihan penulisan kepada siswa SMAN 101 agar mereka dapat menulis karya tulis yang baik dan benar. Metoda pelaksanaan dilakukan dengan mengadakan pelatihan selama tiga bulan setiap hari kamis mulai dari jam 15.00 hingga pukul 16.30. Setiap pelatihan diberikan materi yang berbeda-beda. Setelah diberikan materi, para siswa kemudian diberikan tugas untuk membuat karya tulis ilmiah.  Hasil yang didapatkan setelah mengadakan pelatihan penulisan ini adalah para siswa sedikit demi sedikit mampu untuk membuat karya tulis yang baik dan benar. Kemudian, munculnya kepercayaan diri pada para siswa untuk mulai mengikuti lomba-lomba karya tulis. Kesimpulan dari pelaksanaan pelatihan menulis tersebut adalah adanya perubahan pandangan dari para siswa tentang cara penulisan karya tulis ilmiah, dimana sebelumnya mereka tidak mengetahui bagaimana membuat karya tulis yang baik dan benar. Setelah mengikuti kegiatan tersebut, akhirnya mereka bias membuat karya tulis yang baik dan sesuai dengan ketentuan yang ada. Selain itu, para siswa juga mulai percaya diri untuk mengikuti lomba-lomba karya tulis ilmiah.Â
Â
Kata Kunci : Menulis, Karya tulis ilmiah, Pelatihan penulisanTeks Lengkap:
PDFReferensi
Daftar Pustaka
Abas, Saleh, (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Aktif di Sekolah Dasar, Depdiknas, Jakarta.
Khadarsiah, A.L. (2012). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Media Gambar Seri pada Mata Pelajaran Bahasa Indoesia Kelas IV MI AL-Ihsan Medari Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012, Digilib UIN, Yogyakarta.
LIPI. (2012). Pedoman Karya Tulis Ilmiah, LIPI, Jakart.
Nurjamal, D. (2011). Sumirat, W., Darwis, R., Terampil Berbahasa Menyusun Karya Tulis Akademik, Memancu Acara, dan Menulis Surat, Alfabeta, Bandung.
Syafie’ie, Imam. (1988). Retorika dalam Menulis, P2LPTK Depdikbud, Jakarta.
Tarigan, Henry, G. (1986). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Penerbit Angkasa, Bandung.
Widiastuti, Windi. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Narasi dengan Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think-Pair-Share, Repositori UPI, Bandung.
Widowati, Rafina. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Melalui Pemanfaatan Media Artikel Opini Surat Kabar, Repositori UPI, Bandung.
DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v3i2.1748
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]
View My Stats