PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MANAJEMEN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI LINGKUNGAN KELURAHAN PANINGGILAN UTARA, KECAMATAN CILEDUG KOTA TANGERANG

Dihin Septyanto, Ai Hendrani

Sari


Abstract

North Paninggilan Subdistrict Ciledug District Tangerang City is an area that has potential as a business area of Jakarta city junkers. The effort that most citizens do is still done in a simple way, done on a limited scale with a small economy. In addition, the marketing process is still very simple without developing the pattern of business planning, production patterns, and marketing patterns even further. In general, business and production is done in a home, limited and simple, resulting in less standardized business results and unstructured production patterns. The main purpose of community service activity at home industry of small and medium enterprise group is to improve skill in business planning, business development, production process, product promotion, cost accounting, and financial accounting, which is useful for business development in Kelurahan Paninggilan Utara Kecamatan Ciledug KotaTangerang. This method of community service is done by action approach and quality awareness. The form of such activities is socialization to improve the knowledge of household industry managers through giving lectures, counseling, and transfers directly to small business groups. Training and facilitation were conducted in the form of preparing the action plan of household industry community in Kecamatan Sukamulya, Tangerang Regency in overcoming the problem of business planning and development, financial management and marketing of the products are segmented and clear. Specific targets of community service to this business group are the understanding of business planning and development procedures, cost accounting system procedures for determining unit cost of products, the ability to manage finances properly and marketing activities and effective and efficient promotion.

Keywords: Business Planning, Business Development, Marketing and Promotion

Abstrak

Kelurahan Paninggilan Utara Kecamatan Ciledug Kota Tangerang merupakan daerah yang berpotensi sebagai wilayah bisnis penjangga kota Jakarta. Usaha yang dilakukan kebanyakan warga masih dilakukan secara sederhana, dilakukan secara terbatas dengan skala ekonomi kecil.  Selain hal tersebut, proses pemasaran yang masih sangat sederhana tanpa mengembangkan pola perencanaan usaha, pola produksi, dan pola pemasarannya lebih jauh lagi. Pada umumnya usaha dan produksi dilakukan secara rumahan, terbatas dan sederhana, akibatnya hasil usaha kurang terstandar dan pola produksi tidak terstruktur. Tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat pada home industry kelompok usaha kecil dan menengah ini adalah meningkatkan ketrampilan dalam perencanaan usaha, pengembangan usaha, proses produksi, promosi produk, akuntansi biaya, dan  akuntansi keuangan,  yang berguna untuk pengembangan usaha di Kelurahan Paninggilan Utara Kecamatan Ciledug KotaTangerang. Metoda pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan Pendekatan action dan quality awareness. Bentuk kegiatan tersebut adalah sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan pengelola industri rumah tangga melalui pemberian ceramah, penyuluhan, dan pendaampingan langsung kepada kelompok usaha kecil. Pelatihan dan pendampingan dilakukan dalam bentuk menyusun rencana tindak kesiapan masyarakat industri rumah tangga di Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang dalam mengatasi masalah perencanaan dan pengembangan usaha, pengelolaan keuangan dan  pemasaran hasil produknya secara tersegmentasi dan jelas. Target khusus dari pengabdian masyarakat pada kelompok usaha ini adalah pemahaman atas prosedur perencanaan dan pengembangan usaha, prosedur sistem akuntansi biaya untuk penentuan unit cost produk, kemampuan mengelola keuangan secara benar dan kegiatan pemasaran serta promosi yang efektif dan efisien.

Kata Kunci: Perencanaan Usaha, Pengembangan Usaha, Pemasaran dan Promosi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2011). Materi Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional, Kementrian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2012). Surat Edaran Penulisan Artikel Ilmiah No. 152/E/T/2012.

Fred. R. David. (2013). ” Management Strategic” edisi 14, Pearson edition.

M. Mufti Mubarok. (2013). “Manajemen Praktis Kewirausahaan“, Graha Pustaka Media Utama.

MF. Arrozi, IbM. (2015). Masyarakat Kelompok Usaha Handycraft, Kecamatan Ciputat dan Pamulang Kabupaten Tangerang Selatan, Jurnal Abdimas UEU.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365