PENYULUHAN PERSIAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI STUDI KASUS SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN CITRA NUSANTARA PANONGAN TANGERANG

Riya Widiyanti

Sari


Abstract

Every human being in the world must be learning even from birth, learning not know time, place even age. Learning is a process to achieve goals. Because that's the purpose of the learning process is growing, one of them learning in school. Schools become a place for students to study, the interaction of students and teachers in disseminating knowledge becomes very important. Many ways to spread knowledge, technology has made it easy for all aspects of life, not least in the learning process itself. Accelerating the dissemination of knowledge with technology is used as one way for students to learn whenever and wherever, so as to increase the absorption that culminate with the improvement of achievement. In the community service is more emphasis on counseling in preparing information technology-based learning to principals, teachers and students. The method used is descriptive analysis by conducting interviews and observation of teaching and learning process in Vocational High School Citra Nusantara or known as SMK CN. The result is a preparation recommendation to implement information technology learning.


Keywords: Learning, information technology, descriptive analysis method

 

Abstrak

Setiap insan di dunia pasti melakukan pembelajaran bahkan sejak lahir, belajar tidak mengenal waktu, tempat bahkan usia. Pembelajaran adalah sebuah proses untuk mencapai tujuan. Karena tujuan itulah proses pembelajaran itu tumbuh, salah satunya pembelajaran di bangku sekolah. Sekolah menjadi wadah bagi pelajar untuk menuntut ilmu, interaksi siswa dan guru dalam menyebarkan pengetahuan menjadi hal sangat penting. Banyak cara untuk menyebarkan pengetahuan, teknologi telah memberikan kemudahan bagi segala aspek kehidupan, tak terkecuali dalam proses pembelajaran itu sendiri. Percepatan penyebaran pengetahuan dengan teknologi digunakan sebagai salah satu cara agar siswa dapat belajar kapanpun dan dimanapun, sehingga dapat meningkatkan daya serap yang berujung dengan peningkatan prestasi. Dalam pengabdian masyarakat ini lebih menekankan pada penyuluhan dalam mempersiapkan pembelajaran berbasis teknologi informasi kepada kepala sekolah, guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan melakukan wawancara dan observasi proses belajar dan mengajar di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan Citra Nusantara atau dikenal dengan SMK CN. Hasilnya berupa rekomendasi persiapan guna melaksaan pembelajaran teknologi informasi.

Kata Kunci: Pembelajaran, teknologi informasi, metode analisis deskriptif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Dewi Salma Pradwiradilaga, dkk. Pendayagunaan Teknologi Pendidikan di NegaraTetangga, Mozaik Teknologi Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media.

Asnawir dan Basyiruddin Usman. (2002) Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Ceha dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kegiatan Pembelajaran , Ethos Jurnal Penelitian dan pengabdian, Universitas Islam Bandung, Vol.4.

Group, (2007). Metode Penelitian, Ghalia Indonesia: Jakarta.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zein, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta,2006), hal.164. Azhar Arsyad, Media Pembelajaran (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007).

Whitney, F. (1960). The Element Of Research. New York :Prentice-Hall, Inc

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v3i2.1752

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]