PENYULUHAN MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Munawar Munawar

Sari


Abstract

The rapid development of information and communication technology (ICT) has affected all sectors, including education management. Inevitably, like or dislike school should start implementing ICT in its management so that education management can be done effectively and efficiently. ICT-based education management extension is addressed to teachers and management at Citra Nusantara Vocational High School in Tangerang. The method used in this community service is counseling, discussion and counseling of ICT implementation in education management at the School SMK Nusantara Citra. Implementation of community service is arguably successful, because the material conformity with the needs of the participants, the positive response from participants and the wishes of the participants and foundations venue for counseling to be developed with other topics that could support the implementation of ICT in vocational schools (SMK) Citra Nusantara.



Keywords: education management, ICT, counseling

 

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sedemikian pesat telah mempengaruhi semua sektor, termasuk manajemen pendidikan. Mau tidak mau, suka ataupun tidak suka sekolah harus mulai mengimplementasikan TIK dalam manajemennya agar pengelolaan pendidikan bisa dilakukan secara efektif dan efisien. Penyuluhan manajemen pendidikan berbasis TIK ini ditujukan kepada guru-guru dan manajemen di Sekolah Menengah Kejuruan Citra Nusantara di Tangerang. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah penyuluhan, diskusi dan konseling implementasi TIK dalam manajemen pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Citra Nusantara. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bisa dibilang berhasil, karena kesesuaian materi dengan kebutuhan peserta, respon positif dari peserta serta keinginan dari peserta dan yayasan tempat berlangsungnya penyuluhan agar dikembangkan dengan topik yang lain yang bisa mendukung implementasi TIK di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Citra Nusantara.

 

Kata kunci: manajemen pendidikan, TIK, penyuluhan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Chaeruman, U.A. (2008). Rencana Pembelajaran yang Mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi. Departemen Pendidikan Nasional.

Erwinsyah, A. (2015). Esensi Information and Communication Technology (ICT) dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal IAIN Gorontalo. Vol 3 No 2 (2015). ISSN: 2442-8280.

Indrajit, E. (2013). Peranan dan Kematangan TIK pendidikan. Bunga Rampai Pemikiran di Bidang Sistem dan Teknologi Informasi.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT Remadja Rosda Karya, Bandung.

Pidarta, M. (1988). Manajemen Pendidikan Indonesia. PT Bina Aksara, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v3i2.1754

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats