KAJIAN PEMODELAN BARU KURSI MEMBATIK UNTUK MEMBANTU KENYAMANAN PEMBATIK DI PERUSAHAAN BATIK PLENTONG - YOGYAKARTA

Indra Gunara Rochyat

Sari


Abstract

Until now in the company of batik Plentong in Yogyakarta City is engaged in the sale and purchase of various kinds of batik, namely batik tulis and batik cap which is very good development, The result of the production of batik cloth plentong there are 2 kinds of batik types namely batik tulis and batik cap. The large number of local and foreign order demand on the increasing of batik production capacity and the improvement of work performance at batik plentong company. Improved performance of batik power. In this case the object of research begins from the perspective of existing seats in batik process in the production area or in the canting use area in the process of batik tulis.Dengan condition of batik writing process using canting this requires precision and high precision, thus requiring facilities or facilities Supporting activities The Condition of batik chair in this company using makeshift chairs so as to generate the impact that kuruang both from the aspect of the user and the company sebdiri. Therefore it is necessary to change the design and the shape and design of the chair specifically for the goods that have long. This devotion is intended to provide input a modeling of the characteristics of a good design in function and aesthetics and ergonomics that will be applied to the wear.This method of devotion uses the strategy method. The strategy chosen in the consideration of the flexibility, so that the data collected can be enriched as a design solution. In the devotion to society this time, the authors use a phenomenological approach that involves all the five senses in the observation of the object. For that the researchers will tell the experience that the author experienced during the manufacture of chair models for batik at Batik Plentong Company.

Keywords: plentong batik, design, ergonomy

 

Abstrak

Sampai saat ini perusahaan batik Plentong di Kota Yogyakarta bergerak dalam bidang jual beli berbagai macam batik, yaitu batik tulis dan batik cap yang perkembangannya sangat baik, Hasil Produksi dari perusahaan kain batik Plentong ada 2 macam jenis batik yaitu batik tulis dan batik cap. Banyaknya permintaan pesanan lokal maupun mancanegara berdampak pada peningkatan kapasitas produksi batik dan peningkatan kinerja tenaga kerja di perusahaan batik Plentong. Peningkatan kinerja tenaga pembatik mengharuskan perusahaan mengkondisikan peralatan kerja yang baik demi peningkatan kapasitas dan kualitas produksi. Dalam hal ini obyek pengmas ini dimulai dari mengamati kursi khusus yang dipakai dalam proses pembatikan di area produksi atau di area penggunaan canting dalam proses membatik tulis.Dengan kondisi melakukan proses membatik tulis menggunakan canting ini memerlukan ketelitian dan kepresisian yang tinggi, sehingga membutuhkan sarana atau fasilitas yang mendukung kegiatan tersebut.  Kondisi kursi membatik di perusahan ini menggunakan kursi seadanya sehingga menimbulkan dampak yang kuruang baik dari aspek pengguna maupun perusahaan itu sebdiri. Oleh karena itu diperlukan sebuah perubahan desain dan  bentuk dan desain kursi khusus untuk mengganti yang lama. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan masukan berupa sebuah pemodelan karakteristik desain yang baik secara fungsi dan estetika serta ergonomi yang nantinya akan diaplikasikan kepada yang menggunakannya. Metode pengabdian ini menggunakan metode dengan memilih strategi pengumpulan data pada perusahan tersebut. Strategi yang dipilih didasarkan pada pertimbangan keleluasaan, sehingga data yang terhimpun dapat diperkaya sebagai solusi perancangan.. Pada pengabdian kepada masyrakat kali ini, penulis menggunakan pendekatan fenomenologis yang melibatkan semua panca indera dalam melakukan pengamatan terhadap objek. Untuk itu peneliti akan menceritakan pengalaman yang penulis alami selama membuat model kursi untuk pembatik di Perusahaan Batik Plentong.

Kata kunci: batik plentong, desain, ergonomi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Dinamika Kerajinan dan Batik: Majalah Ilmiah Vol 31, No 2 (2014), Dengan Judul, Dinamika Kerajinan dan Batik hal 113-112,

Ergonomi Desain, http://andarbugs.multi-ply.com/journal, dunduh pada tanggal 28 April 2016 pukul 14:35

Endaswara, Suwardi. (2006). Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan. Pustaka Widyatama.

Haygreen JG, Bowyer JL. (1982). Hasil Hutan dan Ilmu Kayu: Suatu Pengantar. (Terjemahan Sutjipto A. Hadikusumo). Gadjah Mada University Press.

http://dokumen.tips/documents/batik-plentong.html diunduh tanggal 8 Juni 2017 , pukul 18:44 WIB.

Iskandar, Tb. Zulrizka. (2013). Psikologi Lingkungan Metode dan Aplikasi, Cetakan Kesatu Jakarta: PT. Refika Aditama.

Joedawinata, HDII, Ahadiat. (2014). Applied Aesthetics, Diktat Kuliah Magister Desain Produk, Jakarta: Pasca Sarjana Universitas Trisakti.

Julius Panero, Martin Zelnik. (2003). Dimensi Manusia dan Ruang Interior. Jakarta: Erlangga.

Manuaba, I.B.A. (1998). Dengan Desain yang Aman Mencegah Kecelakaan dan Cedera. Bunga Rampai Ergonomi. Volume 1. Denpasar: Program Studi Ergonomi - Fisiologi Kerja. Denpasar: Universitas Udayana.

Moleong, Lexi J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Palgudani, Bram. (2008). Desain Produk 2, Analisis dan Konsep Desain. Bandung: Penerbit ITB.

Sachari, Agus. (2006). Estetika - Makna, Simbol dan Daya. Cetakan ke 3. Bandung: Penerbit ITB.

Semiawan, Conny R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grasindo

Setiawan, Joni. “Dinamika Kerajinan dan Batik: Balai Besar Kerajinan dan Batikâ€, jurnal Majalah Ilmiah Vol 31, No 2 (2014), Dinamika Kerajinan dan Batik, hal 113-112

Sulistyadi, Kohar. (2003). Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi, Publisher: Jakarta Universitas Sahid.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v4i1.2306

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats