IbM GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) AS SALAM DAN HARAPAN KITA DI KELURAHAN PENGGILINGAN JAKARTA TIMUR

Rully Mujiastuti, Sitti Nurbaya Ambo, Emi Susilowati

Sari


Abstract

Early Childhood Education (PAUD) is education carried out with target groups of children under 6 years of age. In general there are three factors involved in PAUD, namely students, parents and teachers. In the community service carried out by the Servant Team takes the teacher's factor as the target. The dedication team consists of lecturers and students providing knowledge and experience gained in Higher Education to PAUD who are in the neighborhood of Penggilingan Village as partners. The activities carried out are providing information technology training and counseling to the teachers. The goal is for teachers to have a basic understanding and expertise related to information technology that can help them improve the quality of learning and governance of PAUD administration. The material provided was about the importance of information technology, Microsoft office, introduction to the internet, electronic mail and related PAUD administration. After attending counseling and training that was carried out for several months as an education, it was hoped that the teachers would have a new spirit in creating and more orderly in making related reports PAUD administration. After teachers master these skills, they are expected to be able to share their knowledge and skills with other teachers outside partner PAUD.

 

Keywords: education, non formal education, information technology

 

Abstrak

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan yang dilakukan dengan kelompok sasaran anak di bawah usia 6 tahun. Secara umum ada tiga faktor yang terkait dalam PAUD, yaitu siswa, orang tua dan guru. Pada pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdi mengambil faktor guru sebagai target sasaran. Tim pengabdi terdiri dari dosen dan mahasiswa memberikan ilmu dan pengalaman yang diperoleh di Perguruan Tinggi kepada PAUD yang berada di lingkungan Kelurahan Penggilingan sebagai mitra. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan penyuluhan dan pelatihan teknologi informasi kepada para guru. Tujuannya, agar para guru memiliki pemahaman dan keahlian dasar terkait teknologi informasi yang dapat membantu mereka meningkatkan kualitas pembelajaran dan tata kelola administrasi PAUD. Materi yang diberikan adalah mengenai pentingnya teknologi informasi, Microsoft office, pengenalan internet, surat elektronik serta terkait administrasi PAUD.Setelah mengikuti penyuluhan dan pelatihan yang dilaksanakan selama beberapa bulan sebagai edukasi, diharapkan para guru memiliki semangat baru dalam berkreasi dan lebih tertib dalam membuat laporan terkait administrasi PAUD. Setelah guru menguasai keterampilan tersebut, maka mereka diharapkan juga mampu berbagi pengetahuan dan keterampilannya dengan guru lain di luar PAUD mitra.

 

Kata kunci : edukasi, paud nonformal, teknologi informasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

BKB PAUD AS-Salam, Rekapitulasi Tahapan Bermain Anak, Jakarta.

Fridani, Lara, dkk. (2009). Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ensiklopaudni. (2014). “Pengelola Paud NonFormal”. Warta Paudni, Edisi X tahun 2014B

Imron Arifin. (2010). “The Bridging Programe Berbasis Pendekatan Reggio Emilia : Bantuan Anak Usia Dini Memasuki Sekolah Dasar”. Buletin Paud. Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini, Volume 9 Nomor 1.

Madcoms Madiun. (2015). Cepat dan mudah belajar sendiri Microsoft Word 2013, Penerbit Andi Yogyakarta.

Moh. Sholeh Hamid, S.Pd. (2014). Metode Edutainment. Diva Press. Jakarta.

Pemerintah Prop. DIY, Dinas Pendidikan, BPKB DIY. (2006). Desain Pengkajian Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365