PENINGKATAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHAN PENULISAN MAKALAH DI SMP PROVIDENTIA

Noni Agustina

Sari


Abstract

The need analysis conducted through teacher interview showed that teachers seldom had training. They require it especially how to teach scientific paper to their students. They had difficulty to teach their students. Thus, their students did not have the scientific paper. When Providentia School had accreditation, the assessor asked about it but it did not have it at all. Thus, it is crucial to hold the community service program conducted at this school. It aims to enhance teachers’ writing skill especially writing paper and developteachers’ professionalism. The method employed were lecturing, discussion, demonstration, and presentation. The lecturing and discussion were undertaken to explain the paper components, strategy, and steps to make it. The demonstration was used to encourage the teachers how the process to make the paper is. Then they presented their steps in making the paper effectively. This service program is expected to enhance teachers’ professionalism especially in developing their knowledge and skill how to write the paper effectively and to teach it to their students. 

 

Keywords: teachers’ professionalism, scientific paper, paper

 

Abstrak

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan di SMP Providentia melalui wawancara guru bahwa guru-guru sangat jarang mendapatkan pelatihan. Guru-guru tersebut membutuhkan pelatihan berupa keterampilan menulis makalah. Hal tersebut dibutuhkan karena mereka mengalami kesulitan dalam mengajarkan penulisan makalah kepada siswa-siswi Providentia. Siswa-siswi SMP Providentia tidak memiliki karya tulis ilmiah berupa makalah. Ketika SMP Providentia melakukan akreditasi sekolah, tim asesor akreditasi menanyakan makalah yang dibuat oleh siswa-siswi SMP Providentia. Jawaban kepala sekolah kepada tim asesor adalah makalah siswa-siswi SMP tidak tersedia.  Oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMP Providentia dengan melaksanakan pelatihan penulisan makalah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis makalah dan dapat mengembangkan kemampuan profesionalisme guru. Metode yang akan digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah ceramah, diskusi, demonstrasi dan presentasi. Ceramah dan diskusi dilakukan dalam memaparkan secara teori mengenai makalah, strategi dan tahapan pembuatan makalah. Demonstrasi dilakukan ketika menunjukkan proses pembuatan makalah. Presentasi dilaksanakan setelah guru selesai membuat makalah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan guru dalam meningkatkan keterampilan menulis makalah dan diharapkan dapat digunakan sebagai bekal bagi guru dalam mengajarkan keterampilan menulis makalah kepada siswa dengan baik.

 

Kata kunci: profesionalisme guru, karya ilmiah, makalah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Adiyasa, I Gede Tunas.(2013). Ketidakefektifan Bahasa Indonesia dalam Karya Ilmiah Siswa di Kelas XI UPW A SMK Negeri 1 Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (1). Tersedia: http://download.portalgaruda.org

Alex dan Achmad. (2011). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenada Media Group.

Djariyo, dkk. (2011). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Semarang.E-DIMAS, 2 (1). Tersedia: http://download.portalgaruda.org

Keraf, Gorys. (1994). Komposisi. Flores: Nusa Indah.

S.E, Suprianto. (2015). Analisis Pengembangan Profesionalisme Guru Berkelanjutan Di SMK Negeri 2 Sragen




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v5i1.2456

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats