BIMBINGAN TEKNIS FOTOGRAFI KEHUMASAN BAGI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN TANGERANG
Sari
Abstract
Community Service Activities (P2M) which are carried out as a form of implementation of the communication science field at the technical or practicum level and are a form of development from previous research related to public relations photography. The purpose of this P2M implementation provides an understanding theory and practice related to the responsibilities of each position, especially at the Tangerang Regency DPRD Secretariat. The scope of this P2M implementation relates to the field of communication science in the form of non-verbal communication, namely communication in the form of symbols or symbols that are used as a reinforcing component of the text in a reporting or publicity reporting area. P2M activities are carried out using methods in the form of exposure and oral explanations and focus group discussions in the form of theory as a basic understanding of the use of equipment, and direct interaction with training objects, both in and outside the room. P2M participants consisting of employees at the Tangerang Regency DPRD secretariat directly practiced the theory that had been obtained to produce photographs that not only had good visual value but the participants became more familiar with the needs of the photo for the secretariat, whose duties included public relations. The results of this P2M activity also synergize the equipment already in possession to be able to be utilized optimally such as some camera units as supporting activities at the Tangerang Regency DPRD secretariat.
Â
Keywords : technical guidance, public relations photography, tangerang dprd secretariat
Â
Abstrak
Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) yang dilaksanakan sebagai bentuk pengimplementasian bidang keilmuan komunikasi pada tataran teknik atau praktikum dan merupakan bentuk pengembangan dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya terkait fotografi kehumasan. Tujuan dari pelaksanaan P2M ini memberikan pemahaman teori dan praktik terkait tanggung jawab pada masing-masing jabatan khususnya di Sekretariat DPRD Kabupaten Tangerang. Ruang lingkup pelaksanaan P2M ini terkait bidang ilmu komunikasi berupa komunikasi non verbal, yakni komunikasi berupa lambang-lambang atau simbol yang digunakan sebagai komponen penguat teks dalam sebuah pelaporan maupun pemberitaan bidang kehumasan. Kegiatan P2M dilaksanakan dengan menggunakan metode berupa pemaparan dan penjelasan lisan dan focus grup discussion berupa teori sebagai pemahaman dasar teknis penggunaan peralataan, dan interaksi langsung dengan obyek pelatihan baik yang dilakukan di dalam ruang maupun luar ruang. Para peserta P2M yang terdiri dari pegawai di sekretariat DPRD Kabupaten Tangerang secara langsung mempraktekan teori yang telah diperoleh untuk menghasilkan foto-foto yang tidak hanya memiliki nilai visual yang baik namun para peserta menjadi lebih faham dari sisi kebutuhan foto bagi sekretariat, yang tugasnya meliputi tugas sebagai humas. Hasil dari kegiatan P2M ini juga mensinergikan peralatan yang telah di miliki untuk dapat dimanfaatkan secara maksimal seperti beberap unit kamera sebagai penunjang kegiatan pada secretariat DPRD Kabupaten Tangerang.
Â
Kata kunci : bimbingan teknis, fotografi kehumasan, sekretariat dprd tangerang
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Daftar Pustaka
Ardiansyah, Yulian. (2005). Tips & Trik Fotografi, Jakarta : Grasindo.
Ardianto, Elvinaro. (2011). Handbook of Public Relations, Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
¬¬______________. (2007). Dasar-dasar Public Relations, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Alwi, Audy Mirza. (2004). Foto Jurnalistik, Jakarta : Bumi Aksara.
Breakenridge, deride. (2008). PR 2.0 : new media, new tools, new audience, new jersey : pearson education.
Freeman, and Luck. (2009). Digital and Classic Photography, London : Anness Publishing, Blackfriars Road.
Freeman, Michael. (2010). The Photographer’s DSLR Pocketbook, United Kingdom : ilex Press.
McGovern, Thomas. (2003). Fotografi Hitam Putih, Jogyakarta : Andi.
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial, Perspektif komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi, Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Phillips and Young. (2009). Online Public Relations, A practical guide to developing an online strategy in the world of social media Second Edition, London : Kogan Page.
Rino, Yuliana, Mediana, dkk. (2015). Inspirasi Komunikasi Bagi Indonesia, Lentera Ilmu Cendekia : Jakarta.
Soedarso. (2006). Trilogi Seni : Penciptaan Eksistensi dan Kegunaan Seni, Yogyakarta : BPISI.
Trevor & Goldsworthy., (2012), pr today; the autoritative guide to public relations, UK : palgrave mcmilla.
Wasesa, Macnamara. (2015). Strategi Public Relations, Jakarta : PT. Gramedia.
Wijaya, Taufan. (2016). Photo Story Handbook, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v5i1.2461
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]
View My Stats