PERUBAHAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BACA SISWA DIPULAU BUKU LIMAU

Oktian Fajar Nugroho, Dewi Sari Sumitro, Barika Barika

Sari


Abstract

BukuLimau Island is located in Bangka Belitung Provincewhich only have one kindergarten and elementary school. That area doesn’t have another school such as junior school level and above; because of the facilities in higher education levels after elementary school doesn’t exist effected interest’s students to continue to the next level due to the distance and costs that must be prepared to schools. In the other hand, the reading literacy of students becomes less especially the unavailability of a facilities in the school library. The method was used an individual approach carried out in groups into three parts (Edu-support team, motivation team, and counseling team). The activities found several results from three aspects: (1) Motivation Team, found the level of interest of students towards different learning; (2) The Counseling Team was formed a youth organization to organize the BukuLimauIsland community activities, such as competitions, routine recitation, mutual cooperation, etc.; (3) Edu-Support Team, improvement of 3 educational facilities, there were school library, village reading park, and public space.

 

Keywords:buku limau island, library, reading literacy

 

Abstrak

Di Provinsi Bangka Belitung, tepatnya di Pulau Buku Limau hanya tersedia sarana pendidikan jenjang PAUD dan SD saja. Tidak adanya SMP, SMA; jenjang pendidikan lebih tinggi setelah sekolah dasar membuat siswa SD di Pulau Buku Limau banyak yang tidak memiliki minat untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya dikarenakan jarak dan biaya yang harus di tempuh untuk ke sekolah-sekolah yang dituju. Oleh karena itu, minat baca siswa pun menjadi kurang terlebih tidak tersedianya sarana dan prasarana yang memadai pada perpustakaan sekolah. Metode yang digunakan adalah pendekatan secara individual yang dilaksanakan berkelompok menjadi tiga bagian (timedu-support, tim motivasi, dan tim bimbingan konseling). Ditemukan beberapa hasil dari tiga aspek: (1) Tim Motivasi, ditemukan tingkat minat siswa terhadap pembelajaran yang berbeda-beda; (2) Tim Konseling, membentuk organisasi remaja karang taruna guna menggerakkan kegiatan bermasyarakat Pulau Buku Limau, seperti lomba-lomba, pengajian rutin, gotong-royong, dan lain sebagainya; (3) Tim Edu-Support, perbaikan 3 sarana pendidikan yaitu perpustakaan sekolah, taman baca desa, dan lapangan serbaguna.

 

Kata kunci:pulau buku limau, perpustakaan, literasi membaca


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anderson, L. W., et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing. United States: Addison Wesley longman.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Direktori Pulau-Pulau Kecil Indonesia http://www.ppk-kp3k.kkp.go.id/direktori-pulau/index.php/public_c/pulau_info/2257

KKN Tematik Merajut Nusantara Tahun 2018 https://kopertis3.or.id/v5/2018/01/31/kkn-tematik-merajut-nusantara-tahun-2018/

Nugroho, O. F., & Nurcahyo, M. A. (2018). Analisis Literasi Pendidikan STEM pada Siswa dan Pemahaman Konsep IPA Melalui Peta Konsep di SDN Palasari II. Thabiea: Journal Of Natural Science Teaching, 1(2), 121-124.

Nugroho, O. F. Efektivitas Pembelajaran Ipa Menggunakan Peta Konsep Sebagai Consolidation Phase Berbasis Stad Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Materi Polusi Lingkungan.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Visit Bangka Belitung http://www.visitbangkabelitung.com/content/pulau-buku-limau

Website Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur

https://www.belitungtimurkab.go.id/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365