UPAYA PENINGKATAN KINERJA UMKM DAN KOPERASI PROVINSI DKI JAKARTA DENGAN ADANYA PP NO.23 TAHUN 2018

Karsam Sunaryo, Rilla Gantino, Yunizar Rova, Ngatimin Prayoga

Sari


Abstract

The Indonesian business world is currently still dominated by Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM). The aim of this community service is to determine the effect of PP No.23 of 2018 on UMKM Performance in Jakarta Province, with samples taken based on purposive sampling namely trainees Taxation of class I-IV at the DKI Jakarta Cooperative and UMKM Office, which is a representative of all UMKM in Jakarta. The results of the study show that: (1) the level of knowledge about their taxation is still low so that it is easy to implement and provide legal certainty because of its final nature; by increasing tax extensification; (3) PP No.23 of 2018 has a good impact on improving the performance of UMKM and Cooperatives in the DKI Jakarta Province.

 

Keywords : performance, UMKM, cooperatives         

                                               

 

Abstrak

Dunia usaha Indonesia pada saat ini masih didominasi oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).Tujuan dari pengabdian masyarakt ini adalah untuk mengetahui pengaruh adanya PP No.23 Tahun 2018 terhadap Kinerja UMKM di Propinsi Jakarta,dengan sampel yang diambil berdasarkan purposive sampling yaitu peserta pelatihan Perpajakan angkatan I-IV pada Dinas Koperasi dan UMKM DKI Jakarta, yang merupakan perwakilan dari seluruh UKM yang ada di Jakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) tingkat pengetahuan tentang perpajakan mereka masih rendah sehingga mudah untuk di implementasikan dan memberikan kepastian hukum karena sifatnya yang final;(2) mudahnya implementasi perpajakan dan kecilnya tarif pajak UMKM mampu memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara dari sektor pajak UMKM dengan meningkatkan ekstensifikasi perpajakan; (3) PP No.23 Tahun 2018 memberikan dampak yang baik untuk peningkatan kinerja UMKM dan Koperasi pada Provinsi DKI Jakarta.

 

Kata kunci: kinerja, UMKM, koperasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Zulkarnaen dan Abdul Han. (2018). Dampak PP 23/2018 terhadapa dunia usaha khususnya UMKM; http://bisnissulawesi.com/2018/09/04/dampak-dan-im plikasi-pp-no-23-tahun-2018-terhadap-dunia-usaha-k hususnya-umkm/

http://www.koran-jakarta.com/presiden-minta-pelaku-umkm-taat-bayar-pajak/

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3907324/ditjen-pajak-masih-ada-ukm-yang-tak-bayar-pajak




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v5i4.2786

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats