PELATIHAN JURNALISTIK BAGI KARYAWAN MEDIA SOSIAL INEWS TV:BERITA DAN STRUKTURVIDIODI MEDIA ONLINE

Arifin S. Harahap

Sari


Abstract

The news value for all mass media is the same, starting from actuality, attractiveness and usefulness to the public. The only difference lies in the matter of presentation. Every media has a different character, so the presentation must pay attention to that angle. Social media is almost the same as tv news, can present narrative material that is read and passive and moving images. The material presented does not need to be long. Can be updated at any time if there are new developments. Generally nitizens just want to know what happened. The images presented must also attract their attention. The first image that appears or appears must make them amazed if possible. If this happens, they will continue watching. Once they are interested, the day after they will definitely open the page again. If not, they will be reluctant to open it again. The problem is, there are so many choices of news on social media today. This is the core that was discussed during journalistic training for social media employees in tv, April-May 2019.

 

Keywords : Online video, structure, news


 

Abstrak

Nilai berita bagi semua media massa sama, mulai dari aktualitas, daya tarik dan kegunaannya bagi khalayak. Perbedaan hanya terletak pada soal penyajian. Setiap media memiliki karakter yang berbeda, maka penyajiannya pun harus memperhatikan sudut itu. Media sosial hampir sama dengan berita tv, bisa menyajikan materi narasi yang dibacakan dan gambar pasif maupun bergerak. Materi yang disajikan tidak perlu panjang-panjang. Bisa di-update setiap waktu bila ada perkembangan baru. Umumnya nitizen hanya ingin tahu apa yang terjadi. Gambar yang disajikan pun harus menarik perhatian mereka. Gambar pertama yang terlihat atau muncul harus membuat mereka terpukau kalau memungkinkan. Bila ini terjadi, maka mereka akan terus menonton. Sekali mereka tertarik, lusa mereka pasti akan membuka laman itu lagi. Bila tidak,  mereka akan enggan membukanya lagi. Masalahnya, begitu banyak pilihan berita di media sosial saat ini. Inilah inti materi yang dibahas selama pelatihan jurnalistik bagi karyawan media sosial inews tv, April dan Mei 2019.

 

Kata kunci: Vidio online, struktur, berita

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Harahap. Arifin. (2018). Manajemen Pemberitaan dan Jurnalistik TV, Indeks, Jakarta.

Nugraha, Pepih. (2012).Citizen Journalism, Jakarta: Kompas Penerbit Buku.

Romli, Asep Syamsul M. (2018).Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online,Bandung: Nusa Cendikia.

Santana K., Septiawan. (2005). Jurnalisme Kontemporer,Jakarta: Yayasan.

http://www. Inews. Id

https//id.wikipedia.org

http://google.com


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365