PELATIHAN APLIKASI WARNA PRODUK KREATIF UNTUK SISWA SDS DASANA INDAH – PEMANFAATAN SAMPAH KARET DALAM PENGAPLIKASIAN WARNA MENGGUNAKAN TEKNIK CAP PADA TAS BLACU

Putri Anggraeni Widyastuti, Ratih Pertiwi, Huddiansyah Huddiansyah

Sari


Abstract

The introduction of color has become part of the standard competency in visual arts students conducted by SDS (Private Elementary School) Dasana Indah as a process of student creativity. Unfortunately SDS Dasana Indah has limited color recognition in paper media. In order to further hone the creativity of these students, a color application training was conducted to stimulate students' visual stimulation of colors and shapes using the stamp technique on calico bags utilizing rubber waste originating from the molding or printing process carried out by students of the Faculty of Design and Creative Industry. Community service activities aim to introduce the technique of stamp on calico cloth by utilizing the waste rubber material processing left behind by FDIK students to Dasana Indah Elementary School students. With the scope of community service activities is Dasana Indah Elementary School students by carrying out the implementation method in the form of a material exploration approach to stimulate visual stimulus through colors and shapes derived from acrylic paint and rubber rubbish (cut silicon). This activity also fosters a sense of concern for students to utilize unused waste in producing creative products through the application of color so that it not only has creative value but selling value.

 

Keywords: color application training, creative products, rubber waste utilization.

 

Abstrak

Pengenalan warna telah menjadi bagian standar kompetensi mata pelajar seni rupa yang dilakukan oleh SDS (Sekolah Dasar Swasta) Dasana Indah sebagai proses kreativitas siswa. Sayangnya SDS Dasana Indah melakukan pengenalan warna terbatas pada media kertas. Agar lebih mengasah kreativitas siswa ini, maka dilakukan pelatihan pengaplikasian warna untuk merangsang stimulis visual siswa terhadap warna dan bentuk menggunakan teknik cap pada tas blacu memanfaatkan sampah karet yang berasal dari proses molding atau pencetakan yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Desain dan Industri Kreatif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan mengenalkan teknik cap pada kain blacu dengan memanfaatkan sampah karet sisa pengolahan material yang dilakukan mahasiswa FDIK kepada siswa SDS Dasana Indah. Dengan ruang lingkup kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah siswa SDS Dasana Indah dengan melakukan metode pelaksanaan berupa metode pendekatan eksplorasi material untung merangsang stimulus visualnya melalui warna dan bentuk yang berasal dari cat aklirik dan sampah karet (silikon yang terpotong). Kegiatan ini pulah menumbuhkan rasa kepedulian terhadap siswa untuk memanfaatkan sampah yang tidak terpakai dalam menghasilkan produk kreatif melalui pengaplikasian warna sehingga tak hanya memiliki nilai kreatif tapi nilai jual.

 

Kata kunci: pelatihan aplikasi warna, produk kreatif, pemanfaatan sampah karet.


Teks Lengkap:

PDF Indonesia

Referensi


Daftar Pustaka

Adian, Donny Gahral. (2010). Pengantar Fenomenologi. Depok: Penerbit Koekoesan.

Blanken, Rain. (2012). Costumize Your Clothes. Philadeplhia: Running Press Publishers.

Endraswara, Suwardi. (2006). Metodologi Penelitian Kebudayaan, Cetakan ke-2, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Gunawan, Rudi, Suyani, Marzuki. (2013). Media Seni Musik dan Pemanfaatannya oleh Guru Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sambas, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 2, No. 9, Malang: Universitas Negeri Malang.

Hardisurya, Irma. (2004). Warna bagi Citra dan Penampilan. Jakarta: PT Gaya Favorit Press.

Jones, Sue Jenkyn. (2005). Fashion Design Second Edition London: Laurence King Publishing.

Nugraha, Adhi, dkk. (2018). Craft dan Desain Indonesia - Sudut Pandang Akademik dan Pelaku, Bandung: Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia.

RISTEKDIKTI. (2018), Panduan Pelaksaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi, EDISI Xi, Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi Jakarta.

Sachari, Agus. (2002). Estetika – Makna, Simbol dan Daya, Bandung: Penerbit ITB.

----------. (2005), Metodologi Penelitian Budaya Rupa. Bandung: Penerbit Erlangga.

Trianto. (2011). “Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI, Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365