PELATIHAN KETERAMPILAN TANGAN MENGGUNAKAN MEDIA KAIN FLANEL ‘PENGENALAN JENIS BINATANG’ SEBAGAI PROSES KREATIF SISWA PAUD ANGGREK ROSALINA 011

Adisti Ananda Yusuff, Putri Anggraeni Widyastuti

Sari


Pendidikan Anak Usia Dini atau yang dikenal dengan singkatan PAUD merupakan upaya pembinaan yang bertujuan untuk memberikan pembinaan kepada anak usia sejak lahir hingga usia 6 tahun. Salah satu jenis kurikulum yang digunakan pada program PAUD diantaranya adalah program pengembangan fisik-motorik dan seni, yang mencakup perwujudan suasana untuk berkembang dan bereksplorasi, ekspresi, dan apresiasi dalam konteks bermain. Oleh karena itu program pengembangan ini diberikan melalui rangsangan Pendidikan yang dilakukan pendidik dalam kegiatan belajar melalui suasana bermain, terlebih untuk kondisi pandemic pada saat ini maka pelatihan keterampilan kerajinan berbahan dasar kain flannel akan diterapkan pada siswa siswi PAUD. Ditengah masa pandemic dan masih diberlakukannya PSBB oleh pemerintah, maka PAUD Anggrek Rosalina 011 menerapkan system SFH (School From Home) dengan cara memberikan pekerjaan rumah berupa buku pembelajaran yang bisa dikerjakan dengan dampingan orang tua.. Hal ini menyebabkan proses pencapaian pembelajaran menjadi terhambat sehingga proses kreativitas yang didapat oleh para siswa menjadi terbatas. Untuk menanggapi permasalahan tersebut maka tim pengabdian kepada masyarakat memberikan sebuah solusi berupa modul pelatihan keterampilan kerajinan tangan yang sudah dikemas menjadi sebuah paket keterampilan dan disertakan dengan tutorial cara pembuatanya untuk dikerjakan di rumah masing-masing Metode pelaksanaan yang dilakukan mulai dari survey lokasi tempat PAUD dan juga wawancara langsung kepala sekolah PAUD Anggrek Rosalina guna mengetahui kesulitan apa yang terjadi dalam proses pembelajaran jarak jauh ini. Setelah itu kemudian tahapan pelaksanaan berupa persiapan paket modul yang sudah disesuikan dengan tema dari kurikulum yang disediakan. Hingga menghasilkan sebuah modul berupa paket pelatihan pemanfaatan kain flannel menjadi sebuah bingkai foto dengan tema pengenalan binatang. Output yang dihasilkan berupa sebuah bingkai foto yang bisa dihias sesuai dengan kreativitas mereka agar mendapatkan proses kreatif  hingga memiliki nilai estetika dan seni.

 

Kata kunci : pendidikan anak usia dini, kreativitas anak, sekolah jarak jauh


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adian, Donny Gahral. (2010). Pengantar Fenomenologi, Depok: Penerbit Koekoesan.

Endraswara, Suwardi. (2006). Metodologi Penelitian Kebudayaan, Cetakan ke-2. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Jones, Sue Jenkyn. (2005). Fashion Design Second Edition London: Laurence King Publishing.

KEMENDIKBUD. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Indonesia : Kementerian Pendididikan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nugraha, Adhi, dkk. (2018). Craft dan Desain Indonesia - Sudut Pandang Akademik dan Pelaku, Bandung: Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia.

Tabrani, Primadi. (1998). Proses Kreasi, Apresiai, Belajar, Bandung: Penerbit Institut Teknologi Bandung.

Tabrani, Primadi. (2015). Pendidikan Seni, Hubungannya Dengan Ambang Sadar, Imajinasi Dan Kreativitas Serta Manfaatnya Untuk Proses Belajar Yang Bermutu. Vol. 7, No. 1, Jurnal Komunikasi Visual dan Multimedia, Bandung: Institut Teknologi Bandung.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v7i2.3950

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]