PENERAPAN SISTEM CLOUD MANAJEMEN BANK SAMPAH DI PERUMAHAN TAMAN NURI KELURAHAN SINDANG SARI KABUPATEN TANGERANG

Muhamad Bahrul Ulum, Yunita Fauzia Achmad, Alivia Yulfitri, Lista Meria

Sari


Untuk menjaga atau menghindarkan pencemaran lingkungan, pemerintah desa mengkampanyekan kegiatan kepada masyarakat untuk memilah sampah organik dan non organik. Untuk mendukung program tersebut pemerintah desa menjalin kerjasama dengan perusahan-perusahaan penampung sampah dalam bentuk bank sampah untuk menampung sampah-sampah yang sudah terpilah khususnya botol-botol plastik dan kardus/kertas yang sudah di kumpulkan masyarakat. Saat ini di Perumahan Taman Nuri proses pengelolaan bank sampah secara teknis masih secara manual seperti cara penyetoran, pencatatan dan pencairan dana bank sampah. Pengelolaan bank sampah juga belum memiliki laporan update untuk jumlah bank sampah tiap daerah dan jumlah partisipasi warga. Pada program pengabdian masyarakat ini akan diterapkan sistem cloud berbasis web untuk memenuhi kegiatan manajemen bank sampah dan aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media informasi mengenai bank sampah. Aplikasi manajemen bank sampah ini memanfaatkan teknologi cloud.

 

Kata kunci: bank sampah, cloud, manajemen


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alimuddin Yasin, MZ Yumarlin, T. F. (2017). Analisis Kebutuhan Sistem Informasi di LPK RJ-COMP Yogyakarta. Seminar Nasional Informatika (SNIf), 1(1), 111–116.

Jastam, M. S. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah (Studi Kasus di Bank Sampah Pelita Harapan , Kelurahan Ballaparang, Kecamatan Rappocini, Makassar). Higiene, 1(1), 42–48. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/higiene/article/view/1217

Sampah, M. B. (2015). Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Melalui Bank Sampah. Indonesian Journal of Conservation, 4(1), 83–94.

Selomo, M., Birawida, A. B., & Mallongi, A. (2016). Bank Sampah Sebagai Salah Satu Solusi Penanganan Sampah Di Kota Makassar. Jurnal MKMI, 12(4), 232–240.

Suryani, A. S. (2014). Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang). Jurnal Aspirasi, 5(1), 71–84.

Ulum, M. B., & Laday, R. K. (2016). Prototype Sistem Informasi Manajemen Bencana Alam. 28–29.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v7i2.3951

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats