PEMODELAN MAJALAH INTERNAL BIDANG PARIWISATA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN EDUKASI PARIWISATA DI DKI JAKARTA

Ikbal Rachmat, Erna Febriani, M Ruslan Ramli, Robik Maulana, Mariana Evi Mantika, Windi Widyawati, Stefhanny Pradisti, Sophian Hadi Wijaya, Yosheila Yosheila, Thao Hong, Ayub Aji Nugroho

Sari


Dalam melaksanakan tugas, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif(DISPARTIF) DKI Jakarta memiliki beberapa tanggung jawab terkait pengelolaan daya tarik wisata, pengelolaan kawasan strategis pariwisata, pengelolaan destinasi pariwisata dan pelaksanaan pengelolaan data dan inforrnasi serta pengembangan kepariwisataan dan ekonomi kreatif di DKI Jakarta. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan memberikan usulan pemodelan majalah internal bidang pariwisata dalam mendukung kegiatan edukasi pariwisata di DKI Jakartadengan memberikan sentuhan komunikasi dari segi desain pada tampilan serta tata letak maupun komposisi isi dalam majalah internal, agar lebih memunculkan karakter yang kuat pada majalah internal agar salah satu media ini dapat dijadikan bentuk karya media cetak yang mumpuni dalam menyajikan informasi bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di DKI Jakarta. Metode kegiatan yang dilakukan dengan dengan wawancara mendalam tidak terstruktur danpemodelan terkait majalah.Hasil kegiatan akhir berupa pemodelan majalah internal bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di DKI Jakarta yakni berupa redesign meliputi cover, isi majalah yang dikembangkan dengan beberapa aspek liputan terkait  dengan melakukan wawancara kepada beberapa nara sumber, destinasi kuliner yang di rekomendasi mulai dari menu hingga lokasi. Isi majalah juga dilengkapi dengan beberapa UMKM ataupun retail yang melakukan promosi pada majalah dan beberapa aspek lainnya dalam mendukung kegiatan edukasiDinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta.

 

Kata kunci : Pemodelan majalah internal, DISPARTIF, DKI jakarta

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.Fauziah Astrid. (2017). Eksistensi Media Internal Sebagai Alat Kehumasan (Studi Kasus Majalah Empati Psmp Toddopuli Makassar), http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jurnalisa/article/view/3096

Ardianto, Elvinaro, Komala, dan Siti Karlinah. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Simbiosis Rekatama Media. Bandung.

Ayu Nazila. (2010). Proyek Majalah Internal Perusahaan PT. Kereta Api Daop IV Semarang, http://eprints.undip.ac.id/24953/

Azka Destriawan. (2018). Produksi Majalah Tentang Proses Kreatif Street Art dan Penguatan Eksistensi Komunitas Street Art di Yogyakarta, https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10295

data.jakarta.go.id, 2020.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, 2020.

Fadmi Nanda Putri Hardi. (2017). Aktivitas Tenant Relations Dalam Mengelola House Journal (Mp Magazine) Sebagai Upaya Meningkatkan Corporate Image Pada Mal Pekanbaru, http://repository.uin-suska.ac.id/20839/

Frizqi Andhesta Iswaldy. (2020). Proses Produksi Majalah Fokus Di Bank Indonesia, http://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/1509/1/J3A117189-01-Frizqi-Cover.pdf

Hendratman, Hendi. (2014). Computer Graphic Design. Jakarta : Informatika.

--------------. (2014). The Magic of Corel Draw. Jakarta: Informatika.

Morissan. (2007). Periklanan; Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta: Ramdina Prakarsa.

Nurudin. (2009). Jurnalisme Masa Kini, Jakarta : Rajawali Pers.

Baran, Stanley J. Pengantar Komunikasi Massa Jilid I Edisi 4. PT Gelora Aksara Pratama. Jakarta.

Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Yosef, Jani. (2009). To Be A Journalist, Menjadi Jurnalis Tv, Radio, dan Surat Kabar yang Profesional. Yogyakarta : Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v7i2.3955

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats