MEDIA ULAR TANGGA MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KEAMANAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH

Prita Dhyani Swamilaksita, Ira Purnama Sari, Putri Ronitawati

Sari


Latar Belakang: Anak sekolah belum mengerti tentang keamanan makanan jajanan, mereka membeli jajanan menurut kesukaan mereka tanpa memikirkan bahan-bahan yang terkandung didalamnya. Pemberian edukasi gizi terhadap anak sekolah membutuhkan alat bantu untuk mempermudah penyampaian materi yaitu dengan menggunakan media permainan ular tangga. Ular tangga merupakan metode pembelajaran bermain yang cocok diterapkan pada siswi SD. Tujuan: Mengetahui peningkatan pengetahuan dan sikap siswa/i kelas 4 SD tentang keamanan makanan jajanan anak sekolah. Metode: Jenis penelitian quasy experimental dengan rancangan penelitian Pretest Posttest Control Group dengan subjek sebanyak 60 responden yaitu 30 responden kelompok perlakuan dan 30 responden kelompok kontrol. Variabel yang diteliti adalah pengetahuan dan sikap pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol berdasarkan nilai pre-test, post-test1, dan nilai post-test2. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatkan pengetahuan tentang keamanan makanan jajanan anak sekolah sebesar 22,9% dari sebelum diberikan intervensi, sedangkan sikap positif siswa/i tentang keamanan makanan jajanan anak sekolah meningkat sebesar 20% setelah diberikan intervensi. Hasil uji statistik menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh hasil pengetahuan dan sikap p=0,000 sehingga p<0,05 yang berartiditerima, yang artinya ada peningkatan pengetahuan dan sikap yang signifikan antara pre-test, post- test 1 dan post-test 2 sehingga permainan ular tangga berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap tentang keamanan makanan jajanan anak sekolah. Permainan ular tangga dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang keamanan makanan jajanan anak sekolah serta metode pembelajaran dengan permainan ular tangga dapat menjadi salah satu media yang efektif untuk menyampaikan informasi pada anak sekolahdasar.

 

Kata kunci: ular tangga, keamanan makanan, pengetahuan, sikap


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM). (2013). Laporan Tahunan Badan Pengawas Obat dan Makanan RepublikIndonesia.

Hartoni, N. P. (2015). Pendidikan Gizi tentang Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat antara. Indonesian Journal of Human Nutrition, Vol.2 No.2 : 76 -84.

Khomsan, Ali. (2000). Teknik Pengukuran Pengetahuan Gizi. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Kristianto, Yohanes., Riyadi, Bastianus Doddy., Mustafa Annasari. (2013). Faktor Determinan Pemilihan Pangan Jajanan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (Vol.7, No. 11, Juni), Hal489-494.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, vo. 37 no.1.

Moerdiyanto. (2008, Januari 30). Bahan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG): Pengem-bangan Model Pembelajaran Kewira-usahaan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Notoatmodjo, S. (2007). Pendidikan Perilaku Dan Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan. Jakarta: RinekaCipta.

Nova G. Pinky. (2018). Edukasi Dengan Media Ular Tanggaterhadap Pengetahuan Kebersihan Gigi Dan Mulut Pada Siswa Sekolah Dasar.Skripsi.

Nur, P. H. (2015). Pendidikan Gizi tentang Pengetahuan Pemilihan Jajanna Sehat antara Metode Ceramah dan Metode Komik. Indonesia Journal of Human Nutrition, Vol.2 No.2 : 76 -84.

Nurgiyantoro, B. (2005). Tahapan perkembangan anak dan pemilihan bacaan sastra anak. Jurnal Cakrawalapendidikan, xxiv, no. 2: 198-222.

Nurmusazanah, Esti. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Disminore Melalui Media Booklet terhadap Tingkat Pengetahuan, Perilaku dan Daya Terima Siswi di SMK Surakarta (Naskah Publikasi). Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas MuhammadiyahSurakarta.

Permono, N., samsudin, & karsono. (2013). Keefektifan Pembeljaran Shock Absorber dengan Penerapan Media Animasi dua dimensi. Automotive science and education journal.

Pina. (2018). Edukasi Media Kartu Bergambar Berpengaruh Terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak damal Pemilihan Jajanan Sehat Di SD Negri Pontianak Utara. Pontianak Nutrition Journal (PNJ), Vol. 01 No. 02 Tahun 2018.

Pramoni. (2011). Peningkatan pengetahuan anak-anak tentang phbs dan penyakit menular melalui teknik kieberupa permainan elektronik. Buletin penelitian sistem kesehatan, vol. 14 no. 4 :311–319.

Putri. (2017). Efektifitas Media Audio Visual dan Leaflet Terhadap Peningkatan Penge-tahuan, Sikap dan Tindakan Tentang Pencegahan Penyakit Gastritis pada Santri-wati di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri dan Ummusshabri Kota Kendari Tahun 2017. Jurnal Ilmia Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, vol.2, no.6:250-731.

Sara, Pradhethi. (2016). Efektifitas Metode Pendidikan Kesehatan Dengan Stimulasi Permainan Ular Tangga Terhadap Perubahan Sikap Tentang Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Usia Sekolah Di SDN 03 Singkawang Tengah (Naskah Publikasi). Program Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura Pontianak.

Zamzami, Muhammad. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Ular Tangga Tentang Pencegahan Penyakit PES Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Siswa SDN 1 Selo Boyolali.Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v7i2.3963

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats