PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN PRODUK KERAJINAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 OLEH IBU-IBU PKK DI JAKARTA UTARA

Fajarina Fajarina

Sari


Penyebaran virus corona di berbagai Negara di dunia tidak hanya membawa dampak terhadap kehidupan masyarakat saja, akan tetapi juga berdampak terhadap kehidupan suatu organisasi seperti terhadap          organisasi yang diberdayakan masyarakat dalam bentuk Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Salah satu program PKK dapat dilihat pada daerah Jakarta Utara. Program PKK yang dijalankan oleh ibu-ibu di Jakarta Utara adalah program dalam penjualan produk kerajinan. Namun dengan adanya penyebaran covid-19 membuat proses operasional dan produksi ibu-ibu PKK daerah ini mengalami hambatan. Terutama ketika adanya peraturan dan kebijakan pemerintah untuk memberlakukan program PSBB dan social distancing. Yang mana dengan hal ini membuat program PKK di daerah ini mengalami penurunan, baik dari hal produksi, pemasaran, maupun penjualan yang nantinya akan berdampak terhadap turunnya pendapatan yang di peroleh ibu-ibu PKK di daerah ini. Sehingga dalam mengatasi permasalahan ini, ibu-ibu PKK Jakarta Utara mulai beralih menggunakan dan memanfaatkan media sosial dalam melakukan pemasaran terhadap produk kerajinan yang dihasilkan oleh PKK di daerah Jakarta Utara ini.

 

Kata kunci : Pemanfaatan, Media Sosial, Pemasaran, Pandemi Covid 19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anang Prayogo, dkk. 2014. Desain Pondasi Pompa Untuk Mendapatkan Suction Head Yang Konstan. Proposal. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Isna Fatimah, dkk. 2013. “Cucak Rowo” Club Becak Prawirotoman Warga Yogya Sebagai Upaya Branding Becak Wisata di Yogyakarta. Laporan Akhir. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Rini Irmayani, dkk. 2018. Membuat Proyektor sederhana Menguunakan Kardus Untuk Hp Yang Digunakan Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Di Jurusan TKJ SMK N 1 Slawi. URL: http://kelompok5xiitkj3smkn1slawi20 18.blogspot.com/2018/04/laporan- kerja-proyek-kelompok-5-xii- tkj.html?m=.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v7i03.4115

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats