PENINGKATAN KECERDASAN SPASIAL KELOMPOK SISWA SMPN 220 JAKARTA MELALUI KAJIAN GAMBAR DESAIN RUANGAN

Irma Damayantie, Khusnul Fatonah, Jerry Maratis

Sari


Kecerdasan spasial merupakan pemahaman tentang ruang, salah satunya mengenai ruangan tempat tinggal. Didukung dengan adanya platform sejenis Zoom Meeting, walaupun saat ini Jakarta sedang berada dalam masa pandemi covid-19, pelatihan tetap dapat dilaksanakan secara online. Pelatihan penulisan karangan deskriptif akan memperkaya kosa kata dalam menjelaskan tentang ruang. Pemberian rangsangan akan gambar-gambar desain ruangan yang menarik dan spektakuler, akan dapat mengembangkan kecerdasan spasial siswa. SMPN 220 Jakarta yang terletak di Jakarta Barat merupakan mitra dari Tim Pengabdian Masyarakat. Siswa SMPN 220 Jakarta yang mayoritas berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah dapat dibantu peningkatan kecerdasan spasial ruangannya melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat ini. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui tahap sosialisasi oleh Tim Pengabdian Masyarakat ke sekolah, dilanjutkan dengan mengambil sample siswa SMPN 220 Jakarta. Pelaksanaan tes awal akan memberikan gambaran  di mana tingkat kecerdasan spasial siswa terkait dalam karangan deskriptif. Dengan adanya pemberian materi tentang desain ruangan, tips mengenai pembuatan karangan deskriptif yang baik, maka hasil akhirnya tentu saja akan mengarah ke peningkatan kecerdasan spasial siswa SMPN 220 Jakarta.

 

Kata kunci : kecerdasan spasial, siswa, gambar ruangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ballast, David Kent, FAIA, CSI. (2010). Interior Detailing: Concept to Construction. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Binggeli, Corky, ASID. (2012). Interior Graphic Standards. 2nd Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Damayantie, I. (2020). Modul Perkuliahan Pengantar Desain Interior. Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Oktaviani, M.A., Sisworo, Hidayanto, E. (2018). Proses Berpikir Kreatif Siswa Berkemampuan Spasial Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Open-ended Berdasarkan Tahapan Wallas. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ vol 3 no.7, hal. 935-944.

Wicaksono, A. A., Tisnawati, E. (2014). Teori Interior. Griya Kreasi, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v7i03.4118

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats