MENGGALI MINAT ANAK-ANAK USIA SEKOLAH DASAR TERHADAP BUDAYA SUNDA MELALUI PERMAINAN ALAT MUSIK ANGKLUNG DI DESA PASIR JAYA, KECAMATAN CIGOMBONG - KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT

Ken Martina Kasikoen, Ario Kurnianto, Ratnawati Yuni Suryandari, Elsa Martini, Nofi Erni, Roesfiansjah Rasjidin

Sari


Desa Pasir Jaya, sebagai salah satu desa di tanah Sunda, mempunyai akar budaya Sunda. Namun seiring perkembangan jaman, Kebudayaan Sunda semakin tergerus. Padahal Kebudayaan Sunda merupakan budaya yang sangat tinggi menjunjung sopan santun dan sangat baik bagi perkembangan anak-anak di Desa Pasir Jaya. Anak-anak usia Sekolah Dasar sangat terbatas kemampuannya dalam mempelajari dan memahami kebudayaan Sunda dengan baik. Oleh karena itu, memberikan cinta Seni Sunda kepada anak-anak usia SD dapat mempercepat anak-anak tersebut memahami Kebudayaan Sunda. Berbagai macam seni Sunda, mempunyai tingkatan dalam penguasaannya. Salah satu yang sangat mudah dipelajari dan mempunyai makna yang mendalam adalah Musik Angklung. Sehingga pengajaran musik angklung kepada anak-anak usia SD diharapkan akan menambah kemampuan menggunakan alat musik angklung dan ilmu musik dasar. Pada gilirannya dengan suara musik khas Sunda akan menambah cinta budaya Sunda. Rencana kegiatan pengabdian ini meliputi Pra survei untuk mengindentifikasi masalah, pengenalan teori musik dasar dan musik angklung, pendampingan dan pelatihan alat musik angklung dengan lagu-lagu sunda serta sosialisasi kepada ibu-ibu PKK tentang pentingnya budaya sunda khususnya musik angklung bagi anak-anak usia Sekolah Dasar. Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian  masyarakat ini dapat menumbuhkan minat pada anak-anak Usia Sekolah Dasar terhadap kebudayaan sunda dalam rangka melestarikan kebudayaan derahnya, serta dapat dipublikasikan kedalam jurnal pengabdian masyarakat agar dapat memberikan informasi kepada akademisi lain untuk ikut berperan.

 

Kata Kunci: Budaya Sunda, Angklung, Pelatihan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Desa Pasir Jaya. 2017. Profil Desa Pasir Jaya. Kecamatan Cigombong: Peta Kecamatan Cigombong. Desa Pasir Jaya: Peta Desa Pasir Jaya.

Indonesia Kaya.2019.

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/angklung-warisan budaya-sunda-kebanggaan-indonesia(diakses pada tanggal 6 September 2019)

Not Pianis. 2019. https://escrito-na-areia.blogspot.com/2017/06/not-angka-manuk-dadali-pianika-dan-piano.html ((diakses pada tanggal 24 November 2020)

Not angka lagu. 2017. https://angka-lagu.blogspot.com/2017/06/not-angka-lagu-tanah-airku.html (diakses pada tanggal 24 November 2020)

Percepat. 2019. https://percepat.com/cara-memainkan-angklung/ (diakses pada tanggal 24 November 2020)

Purnomo, Rochmat Aldy. 2020. https://www.purnomo.co.id/2019/07/petunjuk-tangan-untuk-permainan-angklung.html (diakses pada tanggal 24 November 2020)




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v7i03.4119

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats