PELATIHAN KREATIVITAS SENI DAN DESAIN UNTUK PENGAJAR TAMAN BELAJAR KITA DI ERA PANDEMIK

Indra Gunara Rochyat, Muhammad Fauzi, Erina Wiyono

Sari


Taman Belajar Kita (TBK) merupakan sarana pembelajaran bagi para peserta didik setingkat PAUD dan SD yang dibentuk untuk menjawab kegelisahan para orang tua yang anaknya melakukan kegiatan pembelajaran daring. Permasalahan kurangnya rasa sosial antar peserta didik dan menjadi lebih individualis. Tujuan PKM ini adalah ingin menjadi motor sosial dan juga mencerdaskan masyarakat setempat. sasaran programnya yaitu masyarakat yang tidak produktif secara ekonomi. Tujuan skema program Kemitraan Masyarakat yaitu; 1) mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi dan sosial, 2) membantu menciptakan ketentraman dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat, 3) meningkatkan ketrampilan berpikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan. Permasalahan hasil karya yang ditampilkan oleh siswa didik di TBK belum mencerminkan hasil kreatifitas yang sesungguhnya. Melalui upaya pelatihan kreatifitas seni dan desain kepada tenaga pendidik di TBK, diharapkan mendorong pengetahuan dasar seni dan desain yang akan diaplikasikan kepada peserta didiknya. Target luaran dari kegiatan ini adalah pemahaman pendidik akan pentingnya nilai-nilai kreatifitas pada hasil karya siswa melalui metode mendesain cepat, tepat dan benar. Metode Psikomotorik aktif yang digunakan pada program PKM diberikan kepada tenaga pengajar di TBK. Program pelatihan ini, menghasilkan stimulan-stimulan aktif berupa rangsangan kreatifitas kepada peserta pelatihan. Hasil program PKM ini diharapkan mampu membantu mencerdaskan masyarakat yang diayomi oleh TBK.

 

Kata kunci : daring, kreatifitas, seni


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v7i04.4492

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]