HUMAN RELATIONS DALAM PELAYANAN PUBLIK DI POLRES KOTA TANGERANG

Sumartono Sumartono, Ruslan Ramli, Hani Astuti

Sari


Saat ini citra lembaga kepolisian (polres) masih belum baik dalam pandangan masyarakat. Banyak masyarakat yang merasa, mengeluh pelayanan polres masih kurang memuaskan, lama dan praktek percaloan, dan pungli yang dilakukan oleh beberapa oknum. Keluhan mengenai pelayanan Polres ini sesuai dengan data penilaian Ombudsman RI bahwa  Kepoisian RI adalah salah satu instansi yang  sering dikeluhkan  masyarakat. Berdasarkan laporan ke Ombudsman, maka permasalahan utama yang harus dibenahi adalah masalah pelayanan public, dan melakukan peningkatan kualitas SDM, perbaikan sikap petugas pelayanan. keterampilan komunikasi, kompetensi, dan profesionalnya.  Untuk itu Polres Kota tangerang bekerja sama dengan FIKOM Universitas Esa Unggul mengadakan pelatihan teknik kehumasan,  komunikasi dan keterampilan komunikasi dengan pendekatan human relations untuk petugas pores Kota Tangerang. Pelatihan dilakukan selama tiga hari dengan metode secara daring karena untuk mencegah penyebaran virus Covid 19. Dengan adanya pelatihan ini maka petugas polres Tangerang Kota dalam berinteraksi dan melayani masyarakat menjadi lebih baik, lebih sopan dengan lebih mengutamakan sisi kemanusian. Selama tiga hari pelaksanaan pengabdian masyarkat, petugas polres Kota Tangerang mengikutinya dengan baik dari awal smpai akhir sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan/pengabdian masyarakat berhasil dengan baik sesuai dengan rencana dan target yang telah ditetapkan.

 

Kata kunci : human relations, pelayanan publik, tangerang


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

------------.2009. Human Relations dan Publik Relations. Bandung: CV. Mandar Maju.

http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_2_02.htm

https://ombudsman.go.id/pengumuman/r/artikel---apa-kabar-pelayanan-publik-polri-

https://biropemerintahan.bantenprov.go.id/profil-kota-tangerang

(https://www.yansimrestrotangerangkota.com/web/page/detail/sejarah

https://www.kompasiana.com/iman75607/5fd80f45d541df67394f95c4/human-touch-dan-human-relation-dalam-pelayanan-publik?page=all

https://nasional.kompas.com/read/2016/03/03/08560091/Mengintip.Polres.Terbaik.dalam.Pelayanan.Publik?page=all

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung: Mandar Maju.

Kurniawan, J. Luthfi dan Najib, Mokhammad.2008.Paradigma Kebijakan Pelayanan Publik. Malang: In. Trans.

Liliweli, Alo. 2004. Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya. Bandung: PT. Citra Adity

Wursanto, Ig. 1987. Etika KomunikasiKantor. Yokyakarta: Khanesius.

Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

KEPMENPAN Nomor 63 tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v7i04.4501

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats