STRATEGI DIGITAL BUSINESS UNTUK UMKM

Puspita Chairun Nisa, Fachmi Tamzil

Sari


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui  cara pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berbasis teknologi seperti media sosial dan penggunaan market place dengan menekankan pada perbaikan strategi digital business. Sehingga dengan memperbaiki strategi digital business, maka UMKM akan mampu bertahan pada setiap kondisi.Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan umum mencakup Paket A (setara SD), Paket B (setara SMP), Paket C (setara SMA),Pelaksanaan Pengabdian masyarakat ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom. Peserta diajarakan serta diberikan pemahaman yang kuat tentang strategi digital business untuk UMKM

 

Kata kunci : Usaha Mikro Kecil dan Menengah, teknologi, digital business

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amri, A. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 123-131.

Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Business UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. IKRA-ITH ABDIMAS, 4(2), 68-73.

Haloho, E., Idahwati, I., & Harefa, H. S. A. (2020). Pelatihan Online Marketing Bagi Siswa Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) YABES Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(1), 96-102.

Herdiansah, A., Sugiyani, Y., & Septarini, R. S. (2020). Penerapan Pembelajaran E-Business Siswa Pkbm Paja Mandiri Pada Pembuatan Prototipe Sistem Rumah Makan Masakan Padang Kutabumi. JIKA (Jurnal Informatika), 4(2), 112-117.

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 38–50

Kotler, Phillip dan Amstrong. 2011. Manajemen Pemasaran Jil. 2.Jakarta : Bumi Aksara.

Raharjo, T. J., Suminar, T., & Muarifuddin, M. (2016). Peran pusat kegiatan belajar masyarakat dalam menanggulangi kemiskinan melalui pendidikan nonformal di Jawa Tengah. Journal of Nonformal Education, 2(1).

Rosita, R. (2020). Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Business, 9(2), 109-120.

Suherman, Eman. (2010). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, T., & Melinda, L. D. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Business (e-Journal), 6(2), 163-171.

Thomas W Zimmerer, Norman M Scarborough.(2008) Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba empat.

Wijoyo, H., Haudi, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Akbar, M. F. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa (Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus). IKRA-ITH ABDIMAS, 3(3), 169-175.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v7i04.4505

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats