PENINJAUAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJARKAMPUS MERDEKA BERDASARKAN PERSPEKTIF DOSEN PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Indriani Noor Hapsari, Chrystian Dwi Putra Yunus

Sari


Kehadiran kebijakan Merdeka Belajar Kampus merdeka memberikan hak kepada mahasiswa/i untuk mengambil pembelajaran di luar kampus masing-masing namun tetap memperoleh sks pembelajaran. Dengan hak yang dimiliki tersebut, mahasiswa/i berkesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat yang dimiliki dengan terjun langsung ke dunia kerja atau masyarakat dalam rangka mempersiapkan karir di masa depan. Namun dalam proses pelaksaannya tentu masih perlu dilakukan evaluasi agar implementasi MBKM di kemudian hari dapat terlaksana lebih baik lagi. Di dalam penelitian ini dilakukan peninjauan mengenai implementasi kebijakan MBKM berdasarkan perspektif dosen di Program Studi Teknik Informatika Universitas Esa Unggul. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode penelitian survei pendekatan kuantitatif deskripsi yang melibatkan 41 dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan MBKM memberikan dampak positif bagi mahasiswa dari segi proses belajaran dan peningkatan hard-skill dan soft-skill. Selain itu juga bagi Capaian Pembelejaran Lulusan serta kompetensi dari dosen itu sendiri.

Kata kunci: Kampus Merdeka, MBKM, Survei


Kata Kunci


Kampus; Merdeka; MBKM; Survei

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v8i02.5042

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]