PKM KELOMPOK GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN PODCAST DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN JAKARTA

Khusnul Fatonah, Alfian Alfian, Deny Surya Saputra

Sari


Inovasi teknologi dalam pembuatan media pembelajaran agar lebih menarik dan menyenangkan diperlukan para guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Jakarta. Beragam aplikasi dapat dimanfaatkan untuk membantu memaksimalkan pemahaman siswa terhadap suatu materi melalui media pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah podcast pembelajaran. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran podcast melalui aplikasi Anchor untuk para guru di MI Nurul Yaqin. Metode kegiatan ini adalah observasi, wawancara, presentasi, diskusi, dan simulasi (praktik). Kegiatan ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah sharing pengetahuan terkait pentingnya media pembelajaran podcast dan simulasi pembuatan podcast melalui aplikasi Anchor.  Tahap kedua adalah praktik pembuatan podcast dan evaluasi. Hasil kegiatan ini adalah para guru sudah dapat membuat podcast pembelajaran melalui aplikasi Anchor. Namun, keterampilan untuk memaksimalkan aplikasi tersebut, penyampaian materi, dan penyajian masih perlu ditingkatkan lagi. Hal ini tentu membutuhkan proses dan latihan, terlebih podcast merupakan salah satu media pembelajaran yang belum banyak digunakan guru-guru di sekolah.

 

Kata kunci: media pembelajaran, podcast, guru


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v8i03.5191

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats