PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DALAM RANGKA PENINGKATAN LITERASI DIGITAL DI LINGKUNGAN ANAK-ANAK PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH PCM SRENGSENG

Halomoan Harahap

Sari


Kelompok dosen dan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul mempelajari fenomena yang terjadi saat ini. Ditemukan bahwa perkembangan media digital khususnya internet dan smartphone menyebabkan meluapnya informasi. Melalui gadget yang dimiliki, masyarakat dibombardir oleh berbagai aplikasi informasi berbagai persoalan. Remaja karena sifat ingin tahu dan kurang kritis menjadi rentan pada kondisi ini. Di Panti Asuhan Muhammadiyah PCM Srengseng sekelompok remaja gemar menggunakan gadget untuk berbagai kegiatan seperti media social, game online, financial technology (fintech), dan aplikasi chatting. Kepada mereka perlu diberikan pengetahuan literasi digital agar memiliki kemampuan untuk menggunakan gadget secara sehat dan aman. Hasil musyawarah dengan pengurus Panti, sepakat untuk mengadakan kegiatan “Sosialisasi Peningkatan Literasi Digital di Lingkungan Anak – Anak Panti Asuhan Muhammadiyah PCM Srengseng” sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat.  Sasaran dari kegiatan ini dipilih remaja setingkat SLTP, karena dianggap rentan terhadap penggunaan gadget dan internet yang berlebihan. Tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keahlian tentang penggunaan media digital khususnya bermedia sosial. Pengetahuan dan kehalian ini pada gilirannya menjadi banteng pertahanan mereka dalam menyaring informasi yang kurang bertanggungjawab di internet. Dalam mewujudkan tujuan tersebut, dikemas materi menjadi dua persoalan utama, yaitu literasi digital dan pembuatan poster. Dalam pelaksanaan anak remaja di bagi menjadi berkelompok dan lomba agar tercipta dinamika dalam kegiatan. Terbukti dari hasil lomba yang dilakukan, anak-anak sangat antusias dan berhasil menyerap materi dengan baik. Anak – anak Panti Asuhan Muhammadiyah PCM Srengseng lebih dapat memahami tentang pentingnya Literasi Digital sehingga memiliki sikap bijaksana untuk tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif yang terdapat pada media sosial. Karena hasilnya sangat positif, disarankan kegiatan seperti ini dapat ditingkat pada kelompok lain yang lebih luas.


Kata Kunci


Sosialisasi, Literasi Digital, Media Sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Alevizou, P. (2007). Collective intelligence and the cult of open production: critical reflections on theory and methodology.

Carter, M. (2012). Designing science presentations: A visual guide to figures, papers, slides, posters, and more. Academic Press.

Gilter, A. (1997). Categories of computer use and their relationships with attitudes towards computers. Journal of Research on Computing in Education, 30(3), 281–292.

Graham, M., Hjorth, I., & Lehdonvirta, V. (2017). Digital labour and development: impacts of global digital labour platforms and the gig economy on worker livelihoods. Transfer: European Review of Labour and Research, 23(2), 135–162.

Grech, V. (2018). WASP (Write a scientific paper): Preparing a poster. Early Human Development, 125, 57–59.

Lin, T.-B., Li, J.-Y., Deng, F., & Lee, L. (2013). Understanding new media literacy: An explorative theoretical framework. Journal of Educational Technology & Society, 16(4), 160–170.

Madiistriyatno, H. (2020). Generasi Milenial Tantangan Membangun Komitmen Kwereja/Bisnis dan Adversity Quotient (AQ).

Notoatmodjo, S., Anwar, H., Ella, N. H., & Tri, K. (2012). Promosi kesehatan di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 21–23.

Polizzi, G. (2021). Internet users’ utopian/dystopian imaginaries of society in the digital age: Theorizing critical digital literacy and civic engagement. New Media & Society, 14614448211018608.

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18–29.

Rice, R. E., & Atkin, C. K. (2002). Communication campaigns: Theory, design, implementation, and evaluation. In Media Effects (pp. 437–462). Routledge.

Rohmadi, A. (2016). Tips produktif ber-social media. Elex Media Komputindo.

Ryan, D. (2020). Understanding digital marketing: A complete guide to engaging customers and implementing successful digital campaigns. Kogan Page, Limited.

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69–74.

Widyastuti, I. G. A. D. (2018). Budaya Kritis di Kalangan Generasi Millennial (Kajian Etnografi Tentang Kebebasan Intelektual dalam Komunitas Taman Baca Kesiman, Bali). Universitas Airlangga.

Yakob, R. (2009). Grown up digital: how the net generation is changing your world. Taylor & Francis.

We Are Social (2021) Digital Report Indonesia 2021, https://andi.link/wp-content/uploads/2021/08/Hootsuite-We-are-Social-Indonesian-Digital-Report-2021_compressed.pdf

Fatmawati, Nurul (2021) Pengertian, Dampak dan Pengaruh Media Sosial, https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/14366/Pengaruh-Positif-dan-Negatif-Media-Sosial-Terhadap-Masyarakat.html, diakses 5 Agustus 2022.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v9i02.5767

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats