PELATIHAN PENILAIAN BERPIKIR KRITIS UNTUK GURU-GURU SMA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Noni Agustina, Ratnawati Susanto, Rika Mutiara, Ferdy S, Dita H, Fillah Fillah, Farhan F Farhan F

Sari


Berdasarkan informasi dari ketua MGMP Bahasa Inggris wilayah I Jakarta Timur, guru-guru MGMP Bahasa Inggris memerlukan pengembangan diri untuk meningkatkan profesionalisme mereka sebagai guru. Salah satu topik yang dibutuhkan adalah bagaimana menilai kemampuan berpikir kritis yang diintegrasikan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Solusi yang ditawarkan adalah pelatihan  untuk menilai kemampuan berpikir kritis siswa SMA dengan menggunakan rubrik SOLO taksonomi. Pelatihan dilakukan secara daring    dengan menggunakan Google Meet dan menyelesaikan tugas secara berkesinambungan sehingga diharapkan kompetensi guru meningkat yang berdampak pada pengembangan profesionalisme guru. Metode yang digunakan dalam pelatihan bervariasi yaitu pemaparan, demonstrasi, diskusi dan presentasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menilai berpikir kritis siswa yang diintegrasikan dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas dengan menggunakan SOLO taksonomi sebagai salah satu rubrik penilaian.

 

Kata   kunci:  berpikir kritis, rubrik SOLO taksonomi, pembelajaran bahasa Inggris


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v9i01.5779

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]