PKM PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS GAME EDUKASI

Muhamad Bahrul Ulum, Yunita Fauzia Achmad, Alivia Yulfitri, Lista Meria

Sari


TK/TPQ Al-Fahmi merupakan sekolah yang mengajarkan pendidikan agama islam dari usia dini, salah satunya mengajarkan membaca Al-Qur’an. Media pembelajaran yang digunakan saat ini masih bersifat konvensional yang terkadang dapat membuat siswa merasa jenuh dan malas belajar dan sulit memahami apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini disebabkan karena umur siswa yang masih dini, sehingga pembelajaran secara teoritis dirasa kurang optimal, siswa lebih menyukai belajar sambil bermain. Salah satu cara untuk memperbaiki hal tersebut dengan penggunaan teknologi berbasis Android di smartphone. Aplikasi Game edukasi berbasis Android dapat menjadi sebuah media pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan otak seseorang dan mampu merangsang konsentrasi anak-anak. Game edukasi sebagai media pembelajaran yang akan diangkat dalam solusi permasalahan di atas adalah tentang pembelajaran atau pengenalan huruf-huruf hijaiyah. Game edukasi memori bertemakan huruf-huruf hijaiyah ini dibuat untuk memperkenalkan kepada anak-anak mengenai huruf-huruf hijaiyah dengan lebih mudah dan menyenangkan.

 

Kata kunci: belajar, edukasi, game, huruf, hijaiyah


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v9i01.5819

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]