LITERASI SASTRA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA

Khusnul Fatonah

Sari


Pengembangan karakter siswa dapat diasah melalui kegiatan literasi sastra. Ada hubungan yang sangat signifikan antara sastra, literasi, dan karakter. Guru atau pendidik merupakan kunci agar para siswa mau menghargai dan mencintai sastra. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya literasi sastra dalam pengembangan karakter siswa. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk webinar, kerja sama antara Universitas Esa Unggul dengan ASEAN Lecturer Community (ALC). Metode kegiatan ini adalah presentasi dan diskusi. Hasil dari webinar ini diharapkan guru atau para pendidik dapat mendekatkan siswa dengan praktik literasi sastra. Keberhasilan praktik literasi sastra di kelas dapat dilihat dari beberapa indikator di antaranya, 1) siswa senang membaca sastra, 2) siswa mengenali beragam karya sastra, 3) siswa dapat menikmati karya sastra, 4) siswa mudah mengakses beragam bahan bacaan sastra, 5) siswa mampu menganalisis karya sastra, 6) siswa mampu menginterpretasi karya sastra, 7) siswa dapat membuat contoh karya sastra, 8) siswa dapat mengaktualisasikan nilai-nilai dalam karya sastra di kehidupan sehari-hari. Melalui sastra, siswa akan memahami hal-hal yang baik dan tidak baik untuk dilakukan dari perilaku tokoh-tokoh yang tergambar dalam cerita. Alhasil, siswa akan memiliki kepribadian luhur sesuai dengan karakter bangsa Indonesia.

Kata kunci: Literasi sastra, karakter, siswa

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v9i02.5837

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats