PENGENALAN MOTIF FLORA DALAM PENGAPLIKASIAN TEKNIK DEKORATIF PADA KAIN SERUT BLACU BAGI SISWA PAUD HI BKB KEMAS KUTILANG

Putri Anggraeni Widyastuti, Adisti Ananda Yusuff, Muhammad Fauzi, Huddiansyah Huddiansyah

Sari


Sebagai sentral produksi tas, Desa Kadu Genep juga memproduksi kelakat dari bahan bambu. Di rumah penduduk Desa Kadu Genep dapat ditemui mesin jahit untuk memproduksi tas, sehingga anak-anak di desa ini terbiasa melihat orang tuanya berkerja. Namun sayang, dalam kegiatan PAUD HI BKB Kemas Kutilang di Desa Kadu Genep tidak memanfaatkan kain dalam pembelajaran mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan pengembangan kreativitas, bagi PAUD HI BKB KEMAS Kutilang melalui material kain blacu dan pengenalan teknik dekoratif yang diadakan di Desa Kadu Genep. Metode pelaksanaan abdimas dengan metode eksplorasi material melalui paket kreativitas agar kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan secara situasional antara tatap muka ataupun secara online saja.Paket kreativitas ini terdiri dari modul pengerjaan, kantong blacu serut, lem, kancing berbentuk bunga, serta kain flannel yang telah dipotong-potong ini nantinya disusun oleh siswa PAUD HI BKB Kemas Kutilang sesuai dengan arahan pembimbing dan didampingin gurunya. Teknik yang digunakan adalah dekoratif yakni menempel sehingga berbentuk seperti visual bunga dalam pot pada kain blacu.Kesimpulannya, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat meningkatkan kemampuan fisik motorik ini ternyata dapat meningkatkan kemampuan berkreativitas dan berseni para siswa tersebut dengan menghasilkan karya dengan aplikasi teknik dekoratif.


Kata Kunci


kain serut blacu, motif flora, teknik dekoratif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arief Sudrajat, I. N. M. (2021). BUNGA RAMPAI KAJIAN SENI BUDAYA RAGAM PERSPEKTIF. Universitas

Negeri Surabaya.

Chbibah. (2019). Ensiklopedia Pendapatan Nasional. Semarang: ALPRIN.

Fachrizal, Moch. Ricky Fachrizal. 2022. Ayo Membuat Kerajinan Tekstil. Surabaya: CV MEDIA EDUKASI CREATIV.

KEMENDIKBUD. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik

Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesia: Kementerian Pendididikan Kebudayaan Republik

Indonesia.

Nugraha, Adhi, dkk. 2018. Craft dan Desain Indonesia - Sudut Pandang Akademik dan Pelaku. Bandung: Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia.

Tabrani, Primadi, 1998. Proses Kreasi, Apresiai, Belajar. Bandung: Penerbit Institut Teknologi Bandung.

Tabrani, Primadi. 2015. Pendidikan Seni,

Hubungannya Dengan Ambang Sadar, Imajinasi Dan Kreativitas Serta Manfaatnya Untuk Proses Belajar Yang Bermutu. Vol. 7. No. 1. Jurnal Komunikasi Visual dan Multimedia. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Widyastuti, Putri Anggraeni, Ananda Adisti Yusuff. 2019. “Pelatihan Keterampilan

Kerajinan Tangan Menggunakan Media Kertas “Pengenalan Pakaian Daerah Jawa Barat” Sebagai Proses Kreatif Siswa

Paud Anggrek Rosanila 011”. Vol 7. No.

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Jakarta: Univeritas Esa Unggul.

Widyastuti, Putri Anggraeni, Ratih Pertiwi, Huddiansyah. 2020. “Pelatihan Aplikasi Warna Produk Kreatif Untuk Siswa SDS Dasana Indah – Pemanfaatan Sampah Karet Dalam Pengaplikasian Warna Menggunakan Teknik Cap Pada Tas

Blacu”. Vol 6. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Jakarta: Univeritas Esa Unggul.

Widyastuti, P. A., & Huddiansyah, H. (2020). A

Study of the Process of Building and Creating Origami Product of Traditional Cloth West Java: Case Studi: Community

Service in PAUD Anggrek 011. In IICACS: International and Interdisciplinary Conference on Arts Creation and Studies (Vol. 2, pp. 42-50).




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v9i02.5963

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats