PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KKN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT DI KELURAHAN KEBON PALA JAKARTA TIMUR

Inherni Marti Abna, Maksum Radji, Sri Teguh Rahayu, Vanessa Widjaja, Rahma Afifah, Tresia Marbun, Shondang Shondang, Al Fitri Kiswaningtias, Alya Nurul Afifah, Nasyha Wahyunisha

Sari


Pemberdayaan masyarakat adalah suatu upaya atau proses untuk menumbuhkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat dalam mengenali, mengatasi, memelihara, melindungi dan meningkatkan kesejahteraan mereka sendiri. Dalam rangka pencapaian kemandirian kesehatan, pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan merupakan aspek yang sangat penting untuk diperhatikan agar masyarakat memiliki kemauan dan kemampuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya.   Program KKN Tematik ini dilaksanakan di Kelurahan Kebon Pala Jakarta Timur, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang kesehatan agar masyarakat mendapatkan kualitas kesehatan yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam program KKN ini adalah memberikan edukasi secara langsung dengan penyuluhan dan turun ke rumah-rumah warga dan metode edukasi tidak langsung dengan penyampaian informasi melalui media sosial. Hasil dari kegiatan KKN ini adalah bertambahnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk pencegahan dan penanggulangan tuberkulosis (TB), pangan sehat dan pedoman umum gizi seimbang, pencegahan demam berdarah (DBD) melalui program Jumantik, dan pemahaman DAGUSIBU dalam penggunaan obat sehari-hari.


Kata Kunci


Pemberdayaan ,KKN, Kesehatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abna, I. M., Rahayu, S. T., Pebrianti, E. D., Rizadilla, N., Mahfud, A., Septiyani, N., ... & Valencia, Y. (2022). Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Melalui Program KKN Tematik di Era New Normal Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19 di Kelurahan Rawa Buaya Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat . J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 4157-4166.

Abna, I. M. and Dkk (2022) Edukasi Masyarakat Dengan Peningkatan Pengetahuan Kader Sebagai Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Penyakit Tuberkulosis (TB) Pada Masa Pandemi Di Kelurahan Duri Kepa Jakarta Barat, J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8.5.2017), pp. 2003–2005.

BPS (2021) Makasar Dalam Angka, BPS.

Handajani, A., Betty, R. and Herti, M. (2010) ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Pola Kematian pada Penyakit Degeneratif di Indonesia. Jurnal Buletin Penelitian Sistem Kesehatan’, Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(1), pp. 42–45.

Handayani R, Novaryatiin S & Ardhany S D. (2016). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak-Anak Tingkat Sekolah Dasar Di Desa Tabore Kecamatan Mantangai Kalimantan Tengah. Jurnal Surya Medika 2.

Saibaka (2016) ‘Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Rumah Tangga di Wilayah Kerja Puskesmas Wawonasa Kota Manado, Jurnal Kesehatan, 5(1), 7–11.

Yulianto, M. D. (2020) ‘Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang DAGUSIBU Obat di Desa Mertoyudan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelan’, Umm, p. 26.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v9i03.6177

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats