PENINGKATAN MATERI EDUKASI BIODIVERSITAS EKOSISTEM PESISIR DAN LAUT DI TAMBOLONGAN DAN POLASSI, KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR, SULAWESI SELATAN

Radist Ayu Praptiwi, Tatang Mitra Setia, Prawesti Wulandari, Sainal Sainal, Dwi Cahyo Josohadi Subroto, Fauzan Cholifatullah, Arfa’a Wulanda Agnia, Jito Sugardjito

Sari


Pulau Polassi dan Pulau Tambolongan merupakan contoh kasus pulau-pulau kecil dan terluar di Indonesia, yang memiliki keindahan alam yang istimewa dikarenakan lokasi geografisnya yang terletak di segitiga terumbu karang dunia (coral triangle). Salah satu keistimewaan kedua pulau ini adalah kekayaan hayati yang sangat beraneka ragam. Beberapa habitat pesisir dan kelautan yang terdapat di kedua pulau tersebut adalah terumbu karang, padang lamun, hutan bakau dan pantai berpasir putih yang memiliki fungsi ekologis penting dan dapat memberikan manfaat demi kesejahteraan dan kesehatan masyarakat setempat. Namun, potensi ini terancam oleh berbagai macam kegiatan manusia yang merusak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu hal yang mempengaruhi hal ini adalah keterbatasan pengetahuan masyarakat akan pentingnya fungsi ekologis, yang ketika fungsi ini dimanfaatkan secara berkelanjutan maka akan berpengaruh pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat tersebut. Oleh karena itu, fokus dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dititikberatkan kepada kontribusi para dosen dan peneliti dalam memberikan materi mengenai biodiversitas setempat beserta fungsi ekologis dan cara pemanfaatannya yang berkelanjutan. Penyampaian materi ini dilaksanakan melalui pembuatan buku yang diterbitkan secara resmi dan memiliki ISBN, pengadaan buku tersebut kepada mitra, serta praktikum lapangan untuk para siswa-siswi SDI dan SMPN di kedua pulau tersebut. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian diseminasi program penelitian Blue Communities Indonesia (www.blue-communities.org).

 

Kata kunci: biodiversitas, pemanfaatan berkelanjutan, edukasi masyarakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cholifatullah, F.C., Saab, R., Wicaksono, G., Ramadani, A., Nurhasanah, A. H., Wulandari, P., Setia, T.M., Sugardjito, J., Praptiwi, R.A. (2021). Burung-burung di Tambolongan Polassi, Cagar Biosfer Taka Bonerate Kepulauan Selayar. Lembaga Penerbitan Universitas Nasional. ISBN 978-623-7273-40-0.

Praptiwi, R. A., Saab, R., Setia, T. M., Wicaksono, G., Wulandari, P., Sugardjito, J. (2019). Bird diversity in transition zone of Taka Bonerate, Kepulauan Selayar biosphere reserve, Indonesia. Biodiversitas Journal of Biological Diversity, 20(3), 819-823. https://doi.org/10.13057/biodiv/d200327.

UNESCO. (2019). Taka Bonerate-Kepulauan Selayar Biosphere Reserve, Indonesia. Retrieved from: https://en.unesco.org/biosphere/aspac/taka-bonerate-kepulauan-selayar (Accessed on 15 October 2022).

Wulandari, P., Sainal, S., Cholifatullah, F., Janwar, Z., Nasruddin, N., Setia, T. M., Soedharma, D., Praptiwi, R.A., Sugardjito, J. (2022). The health status of coral reef ecosystem in Taka Bonerate, Kepulauan Selayar Biosphere Reserve, Indonesia. Biodiversitas Journal of Biological Diversity, 23(2). https://doi.org/10.13057/biodiv/d230217.

Wulandari, P., Azizah, H., Ainisyifa, U., Cholifatullah, F., Setia, T.M., Sainal, Utomo, C., Fadhillah, H. S. (2022a). Mengenal algal, karang dan lamun: Keanekaragaman biota laut Pulau Tambolongan dan Polassi. Setia, T.M., Praptiwi, R.A., Andre, Sugardjito (Editor). Lembaga Penerbitan Universitas Nasional. ISBN 978-623-7273-43-1




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v9i04.6517

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats