Peningkatan Kapasitas Pemuda Desa Barugaia Dalam Teknik Dasar Konservasi Penyu Laut dan Pengelolaan Wilayah Kampung Penyu, Kabupaten Kepulauan Selayar

Radisti Ayu Praptiwi, Dwi Cahyo Josohadi Subroto, Muh. Ikhsan Idrus, Datu Datu, Andi Cakra Gunar Putra, Aurelia Amarylis Salsabila, Prawesti Wulandari

Sari


Kampung Penyu yang berlokasi di Desa Barugaiya, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan wilayah peneluran bagi berbagai macam spesies penyu, yang merupakan salah satu satwa endemik dan karismatik wilayah perairan tropis dan subtropis. Jumlah populasi satwa ini diprediksi kian menurun setiap tahunnya akibat berbagai macam faktor, diantaranya: perburuan telur penyu yang masih lazim dikonsumsi oleh masyarakat sekitar, serta degradasi habitat akibat badai ektrim dan naiknya permukaan air laut setiap tahunnya. Oleh karena itu, upaya konservasi dan pengelolaan wilayah peneluran penyu penting untuk dilakukan untuk menjaga kelestarian satwa karismatik ini. Sejak tahun 2013, upaya konservasi dan pengelolaan penyu di wilayah Selayar diprakarsai oleh Lembaga Konservasi Kerukunan Pemuda Pelindung Penyu, atau dikenal Kampung Penyu, yang diinisiasi oleh Sileya Scuba Divers (SSD) dan masyarakat Dusun Tulang Desa Barugaia. Namun, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh Kampung Penyu adalah regenerasi anggota penggiat konservasi yang mampu melaksanakan upaya konservasi dan pengelolaan penyu secara kontinyu. Hal ini terutama disebabkan oleh kurangnya kapasitas generasi muda di wilayah tersebut dalam teknik dasar konservasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokuskan pada pelatihan teknik dasar konservasi spesies penyu kepada kelompok pemuda Desa Barugaia yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Sahabat Alam. Adapun kegiatan ini diharapkan akan memfasilitasi regenerasi penggiat konservasi di wilayah tersebut, sehingga upaya pelestarian spesies penyu di Kabupaten Kepulauan Selayar dapat terus berlanjut.


Kata Kunci


penyu laut, konservasi, peningkatan kapasitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


The International Union for Conservation of Nature (IUCN). 2023. Red List (search term: sea turtle). Online: https://www.iucnredlist.org/search?query=Sea%20Turtles&searchType=species (Accessed on 31 January 2023).

Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP RI). 2023. Penyu. Online: https://kkp.go.id/djprl/lpsplsorong/page/1915-penyu (Accessed on 3 March 2023).

Selayarnews. Februari 2023. Komunitas dan Pemdes Barugaia Kolaborasi Laksanakan Latsar Konservasi Penyu. Online: https://selayarnews.com/10/02/2023/komunitas-dan-pemdes-barugaia-kolaborasi-laksanakan-latsar-konservasi-penyu/amp/ (Accessed on 10 February 2023).

UNESCO. 2019. Taka Bonerate – Kepulauan Selayar Biosphere Reserve, Indonesia. Online: https://en.unesco.org/biosphere/aspac/taka-bonerate-kepulauan-selayar (Accessed on 2 February 2023).




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v9i05.6572

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats