PERANAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 2 DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI di SDS GLOBAL NUSANTARA SCHOOL

Rani Mahareka, Harlinda Syofyan

Sari


Hal yang melatarbelakangi pengabdian ini yaitu adanya kegiatan program Kampus Mengajar Angkatan 2 adanya kegiatan ini merupakan bentuk dari pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang berupa asistensi mengajar untuk di Sekolah Dasar di berbagai desa/kota. Adanya keberlangsungan program inikarena pembelajaran daring belum sepenuhnya berjalan secara efektif. Dapat dilihat dari kurangnya siswa yang mendapat kesempatan mengasah kemampuan dalam bidang apapun seperti pembelajaran, kepemimpinan, maupun interpersonal pada tiap peserta didik.  Pada tingkat sekolah, pembelajaran secara daring masih mengalami beberapa kendala dengan berbagai macam permasalahan yang ada dan hal tersebut mempengaruhi efektivitas saat proses pembelajaran berlangsung, salah satunya di SDS Global Nusantara School. Metode yang digunakan pada pengabdian ini yaitu berupa penerjunan langsung di sekolah penempatan, membantu dalam bidang adaptasi teknologi, serta perbantuan administrasi sekolah yang dilakukan oleh tim mahasiswa. Hasil akhir dari kegiatan ini terjalinnya komunikasi yang baik dankerja samaantar beberapa lintas jurusan, serta meningkatkan perananaktif serta kontribusi yang nyata di perguruan tinggi

Kata Kunci


Kampus Mengajar, COVID-19, Adaptasi Teknologi, Administrasi Sekolah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astini, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat. Jurnal Lampuhyang, 11(2), 13-25.

Cahyono, H. (2019). Pendidikan, D., & Inggris, B. 32-43.

Harlinda Syofyan, Z. M. (2019). Pengembangan Awal Bahan Ajar IPA Di Sekolah Dasar. JPD:Jurnal Pendidikan Dasar, 53.

Imania, K. A. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran. Jurnal PETIK, 31-47.

Kementerian, &. K. (2021). Kemendikbud Luncurkan Kampus MengajarAngkatan 1 Tahun 2021. Retrieved August 4, 2022, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/02/kemendikbud-luncurkan-kampus-mengajar-angkatan-1-tahun-2021

Manurung, A. S. (2017). Pelatihan Aritmatika Bagi Ibu-Ibu (Orang Tua Siswa) Di Yayasan Perguruan Birrul Waalidain Desa Semplak Bogor. Jurnal Abdimas, 3 (2), 14-18.

Ririn Mustaqimatul Luthfiyah, M. T. (2020). META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. SEJ (School Education Journal).

Sohrabi, C. A. (2020). World Health Organization Declares Global Emergency : A Review of The 2019 Novel Coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery, 166.

Susmiati. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210.

Syofyan, H. (2018). PEMBELAJARAN INOVATIF DAN INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPA. Media Pengabdian kepada Masyarakat , 68.

Syofyan, H. (2021). Management dan Identifikasi Sarana dan Prasarana di Sekolah. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multidisiplin, 326.

Syofyan, S. &. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 248.

Yuliana, H. S. (2020). Persepsi Guru-Guru Tentang Pembelajaran jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Mewabah Virus SARS-CoV-2 di Jakarta. Seminar Nasional Multi Disiplin 3 (SNIPMD 3), 9.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v10i01.6983

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats