PENGUATAN KAPASITAS YOUTUBE MENGGUNAKAN SEO DI MAJELIS SHOLAWAT MOROBANGUN

Ali Mustopa, Sri Mulyatun, Joko Dwi Santoso, Tonny Hidayat, Erni Seniwati, Irwan Setiawanto

Sari


Meningkatnya pentingnya media digital sebagai alat diseminasi informasi dan pemasaran menuntut berbagai komunitas untuk mengadaptasi dan memanfaatkan platform ini, termasuk Majelis Sholawat di Morobangun. Untuk membantu anggota majelis memanfaatkan YouTube sebagai alat dakwah dan diseminasi informasi, sebuah program pelatihan tentang Search Engine Optimization (SEO) dan manajemen konten YouTube diadakan. Pelatihan ini dirancang sebagai serangkaian workshop dan sesi praktek yang melibatkan sebagaian besar anggota majelis. Metodologi yang digunakan adalah metode hibrida, yakni mengkombinasikan pelatihan daring dan luring. Kendala yang dihadapi berupa perubahan agenda dan ketersediaan alat, namun secara keseluruhan, capaian luaran program berhasil mencapai target yang ditetapkan. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kualitas konten yang dihasilkan, serta peningkatan kompetensi anggota dalam memanfaatkan platform YouTube untuk tujuan dakwah dan edukasi. Pelatihan ini membuktikan bahwa dengan pendekatan yang terstruktur dan kolaboratif, peningkatan kapasitas dan adaptasi terhadap media digital dapat terwujud dengan efektif.


Kata Kunci


SEO, YouTube, Majelis Sholawat Morobangun, Pengabdian Masyarakat, Kapasitas, Dakwah Digital.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v10i01.7130

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats