PEMBELAJARAN PENGENALAN RASA PADA FOTOGRAFI

Iwan Zahar, Tri Wahyudi, Salman Maulana

Sari


Pembelajaran pengenalan rasa termasuk jarang dilakukan untuk  fotografer di luar  perguruan tinggi dan diadakan melalui webminar dan ulang tahun Komunitas Lubang Jarum yang ke 20.   

Metode yang digunakan berupa survey melalui google form dan grup diskusi.  Hasil dari survey melalui google form secara dominan rasa sedih dan kasihan sekitar 48,6%, rasa takut 14,7%, rasa sunyi 29%. Pengenalan rasa yang berupa rasa yang umum seperti gembira, marah, depresi, feminism, sakit, kedamaian tidak menimbulkan kesulitan selama pelatihan dan peserta dapat memahaminya selama Tanya jawab.  Pelatihan rasa ini perlu ditingkatkan dan dikembangkan dengan pemahaman rasa yang tidak hanya bersifat umum, tetapi lebih mendalam lagi.  Pelatihan ini akan meningkatkan pelatihan rasa dan berfikir kritis dengan pemahaman terhadap foto. 

 


Kata Kunci


Komunitas Lubang Jarum; rasa; pin hole

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cerita lubang Jarum, 25 Agustus 2022. KLJI talk.

https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=7bPlZRRbOKU&fbclid=IwAR1ZP-qfTJEl-j-1SY45GJUIHc0k15PbnLViDkVCqqhcjvWXacHYYjNd-ys

Edwards, B. (2008). Drawing on the artist within. Simon and Schuster.

Edwards, B. (1997). Drawing on the Right Side of the Brain. In CHI'97 Extended Abstracts on Human Factors in Computing Systems (pp. 188-189).

Feldman, E. B., & Woods, D. (1981). Art criticism and reading. Journal of Aesthetic Education, 15(4), 75-95.. https://www.jstor.org/stable/3332547

Barthes, R. (2000). Camera Lucida (orig. La Chambre Claire, 1980). London: Vintage.

Page, M. C. (2019). Cultivating Visual Analysis and Critical Thinking Skills Through Experiential Art. In Critical Literacy Initiatives for Civic Engagement (pp. 123-140). IGI Global.

https://www.igi-global.com/chapter/cultivating-visual-analysis-and-critical-thinking-skills-through-experiential-art/222249

Sugiharto, B. (2008). Javanese epistemology revisited. MELINTAS, 24(3), 369-384.

https://journal.unpar.ac.id/index.php/melintas/article/view/941

ZAHAR, I., SETIAWAN, K., & ANUAR, T. F. T. (2021). Taxonomy Of Photo Categories. International Journal Of Creative Future And Heritage (Teniat), 9(2), 109-127.

http://journal.umk.edu.my/index.php/teniat/article/view/744

Zahar, I. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Interpretasi Foto. Jakarta: Universitas Negri Jakarta. https://www.academia.edu/download/43129154/sinopsis_proposalDisertasiIwanZahar2010.pdf




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v10i02.7252

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats