IPTEKS PENGEMBANGAN DAN PROMOSI PRODUK BAGI MASYARAKAT KELOMPOK USAHA KRUPUK IKAN, IKAN ASIN, DAN DODOL RUMPUT LAUT DI KELURAHAN PULAU TIDUNG KECAMATAN KEPULAUAN SERIBU SELATAN

MF. Arrozi Adhikara, Christophera R Lucius, Jatmiko Jatmiko

Sari


Tujuan utama pengabdian masyarakat adalah melakukan peningkatan ketrampilan dan pengetahuan tentang pengembangan dan promosi produk, distribusi & promosi produk serta manajemen perusahaan yang berguna untuk pengembangan usaha krupuk ikan, kripik ikan dan dodol rumput laut. Hasil program tersebut akan memberikan nilai tambah bagi kelompok usaha krupuk ikan, kripik ikan dan dodol rumput laut dalam membantu meningkatkan hasil-hasil produksinya melalui proses pemasaran yang benar. Metode pengabdian masyarakat menggunakan Rapid Rural Appraisal dengan rencana tindak pemberdayaan usaha produksi krupuk ikan, ikan asin dan dodol rumput laut dengan melakukan proses pembinaan dalam pengembangan produk, serta pendampingan dalam promosi produk. Hasil kegiatan pelatihan pengembangan dan promosi produk krupuk ikan, ikan asin dan dodol rumput laut untuk meningkatkan kinerja UMKM berjalan dengan lancar karena peserta antusias mengikuti acara hingga selesai dan merasakan manfaat pelatihan bagi kemajuan usaha mereka.

 

Kata kunci : Pengembangan, promosi, rapid rural appraisal, pelatihan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonym, 2022, https://tidung.id/berapa-sih-biaya-ke-pulau-tidung-ini-jawabannya/

BPS, 2022, Kabupaten Kepulauan Seribu Dalam Angka 2022, www. https://kepulauanseribukab.bps.go.id/publication/2022/02/25/6565bcc5c12b74dbfcbfcf17/kabupaten-kepulauan-seribu-dalam-angka-2022.html, 2 februari 2023.

James, Beebe (1995). Basic concepts and techniques of rapid appraisal. Human organization, vol. 54, No. 1, Spring.

Sony Hendra Permana . (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil , Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v10i02.7394

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats