PELATIHAN PEMBALUTAN LUKA PADA SISWA/I UPTD SDN 11 MEKARJAYA DEPOK

Cut Alia Keumala, Fierdania Yusvita, Rini Handayani

Sari


Terjatuh merupakan salah satu risiko keselamatan yang dapat terjadi pada siswa/i di sekolah. Terjatuh dapat berakibat terjadinya injuri/ luka pada organ tubuh yang terdampak, di antaranya adalah tangan dan kepala sehingga edukasi mengenai pembalutan luka penting untuk dilakukan di sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa/i sekolah dasar tentang pembalutan luka. Kegiatan ini dilaksanakan melalui kegiatan ANR-Minerva goes to school yang diselenggarakan oleh Minerva.Cons dan PT. ANR Maju Bersama pada Bulan Oktober 2022. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah siswa/i anggota Dokter Kecil (Dokcil) dan Pramuka UPTD SDN Mekarjaya 11 Depok. Jumlah peserta dalam kegiatan ini adalah 31 orang siswa/i. Hasil kegiatan ini menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan dan keterampilan dasar pembalutan luka menggunakan mitela/ kain segitiga sebesar 50%. Diharapkan kegiatan ini akan berlangsung secara kontinyu dan bertahap pada jenis pembalutan luka lainnya sehingga pengelolaan keselamatan di sekolah dapat berjalan lebih optimal.

 

Kata kunci : Keselamatan, Terjatuh di sekolah, Pembalutan Luka


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antell, H., Emich, C., Stykowski, R., Greaves, I., Laetzsch, D., Webber, R., Musallam, J. A., Oberfeld, J., Schröder, N., Szabján, I., Tanos, A., Thell, R., Vecchione, S., & Webber, R. (2019). An Introduction to First Aid – European First Aid Guidelines developed by Johanniter International. www.johanniter.org

Indonesia, K. K. R. (2023). Jatuh Pada Anak. https://ayosehat.kemkes.go.id/topik-penyakit/cidera-tidak-disengaja/jatuh-pada-anak

Kusumaningrum, B. R., Kartika, A. W., Ulya, I., Choiriyah, M., Ningsih, D. K., & Kartikasari, E. (2018). Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kegawatdaruratan di Sekolah Children Centre Brawijaya Smart School Malang. International Journal of Community Service Learning, 2(4), 309–314. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.14366

Spinks, A., Turner, C., Nixon, J., & McClure, R. J. (2009). The “WHO Safe Communities” model for the prevention of injury in whole populations. The Cochrane Database of Systematic Reviews, 2009(3). https://doi.org/10.1002/14651858.CD004445.PUB3

Sumargi, A. M., Kurniawan, Y., Sasongko, J. W., & Simanjuntak, E. (2005). Apa yang Diketahui Anak-Anak Sekolah Dasar tentang Keselamatan Dirinya: Studi Pendahuluan tentang Pemahaman akan Keselamatan Diri. Insan, 7 No. 3(3), 226–249.

Welander, G., Svanstrom, L., & Ekman, R. (2004). Safety Promotion – an Introduction 2nd Revised Edition. In Karolinska Institutet.

Yusvita, F. (2016). Pendidikan Keselamatan Di Sekolah Pada Siswa/i SDN 11 Pagi Duri Kepa Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 3(1). https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/ABD/article/view/1660




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v10i3.7445

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats