Sosialisasi Pengolahan Sampah Organik Menggunakan Media Maggot di Desa Kedaung RW 08, Sawangan, Depok.

Rahmat Hidayat

Sari


Indonesia merupakan negara yang terkenal karena menghasilkan jumlah sampah terbanyak di dunia.   Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaporkan bahwa pada tahun 2021, total sampah yang dihasilkan mencapai 21,88 juta ton, dengan 35,68% di antaranya termasuk dalam kategori sampah yang tidak terkelola. Berdasarkan Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional, komposisi sampah tersebut terdiri dari 41% jenis sisa makanan dan 40,9% berasal dari rumah tangga. Jumlah limbah pangan yang begitu besar menjadi suatu permasalahan yang perlu segera diatasi. Karenanya penggunaan Maggot Black Soldier Fly (BSF) atau larva dari lalat BSF yang memiliki peran sebagai pengurai, dapat memberikan manfaat dalam proses penguraian sampah organik secara efektif. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai teknologi pengolahan sampah organik melalui maggot BSF dan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam budidaya maggot. Metode pelatihan mencakup survei lokasi, sosialisasi dan edukasi secara langsung kepada warga tentang pengolahan sampah organik menggunakan maggot BSF, di wilayah RW 08 Desa Kedaung, Kecamatan Sawangan, Kota Depok.


Kata Kunci


BSF (Black Soldier Fly); budidaya maggot; Sosialilasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.P. Siswanto, 2022, Pengolahan Sampah Organik Menggunakan Media Maggot Di Komunitas Bank Sampah Polaman Resik Sejahtera Kelurahan Polaman, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Marciano Oscar Maida, 2022, Edukasi Pengelolaan Sampah dan Budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) di Desa Cihideung Ilir, Kecamatan Ciampea, Bogor

Sifan Najia dan Agung Trianto, 2022, Analisis Teori Politik Hijau Terhadap Penerapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Tpb) Kehidupan Daratan Di Indonesia Studi Kasus: Kebakaran Hutan dan Lahan Indonesia 2016-2019.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v10i04.7464

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats