PENDAMPINGAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PELAKU UMKM PRODUK JAMU TRADISIONAL DI DESA TANGKISAN POS, JOGONALAN, KABUPATEN KLATEN

Lilia Pasca Riani, Suyanto Suyanto, Mustofa Mustofa, Nita Kusumawardani

Sari


Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan usaha UMKM jamu tradisional sebagai respon meningkatnya minat masyarakat untuk mengkonsumsi jamu tradisional sebagai salah satu alternatif membangun imunitas tubuh di masa pandemi. Permasalahan yang teridentifikasi mengenai: produk jamu yang kurang variatif jenisnya, belum memiliki merk, sulitnya mengatur keuangan usaha, kemasan produk yang masih monoton, dan pemasaran yang masih sebatas penjualan langsung ke konsumen. Solusi yang diberikan adalah memberikan pelatihan praktek pembuatan jamu serbuk agar produk lebih bervariasi, masa kadaluarsa produk lebih panjang, pelatihan dan pendampingan pengelolaan keuangan usaha, pendampingan pengemasan produk yang lebih mudah, menarik, kreatif, dan inovatif, serta pendampingan pemasaran produk jamu tradisional secara digital dengan memanfaatkan media sosial dan marketplace seperti facebook, instagram, whatsapp bisnis.

Khalayak sasaran adalah ibu-ibu pelaku UKM produksi jamu tradisional di Desa Tangkisan Pos, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta dan dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Mei 2022.

Indikator keberhasilan kegiatan dapat dilihat dari 11 indikator evaluasi yang dilakukan oleh tim yang dibentuk dari pengisian kuesioner oleh peserta. Indikator tersebut adalah kesesuaian kegiatan dengan tujuan, kesesuaian materi dengan kebutuhan peserta, kualitas materi yang diberikan, penguasaan materi oleh narasumber, penyampaian materi oleh narasumber, alur penyampaian materi oleh narasumber, sistematika penyampaian materi, partisipasi narasumber terhadap peserta, kedekatan narasumber terhadap peserta, pelayanan yang diberikan oleh tim pengabdian, tindak lanjut permasalahan oleh narasumber, dan kesediaan peserta untuk mengikuti kegiatan jika diadakan kembali.


Kata Kunci


Jamu herbal tradisional, keuangan, pengemasan produk, pemasaran digital

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v10i04.7612

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats