PENYULUHAN BUDIDAYA IKAN DALAM EMBER (BUDIKDAMBER) DI DESA UJUNG TANJUNG KECAMATAN BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI SEBAGAI KETAHANAN PANGAN

Pebriandi Pebriandi, Khusyairi Zulfa, Nurul Sepriza, Sulastri Wati, Wafiq Azizah, Farhan Ramadhan

Sari


Budidaya ikan dalam ember atau lebih dikenal dengan BUDIKDAMBER merupakan cara budidaya ikan dan sayuran dalam satu ember. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang Budikdamber dalam memanfaatkan keterbatasan lahan dan pentingnya mengkonsumsi ikan dan sayuran serta cara mengolahnya sehingga menjadi makanan yang bergizi tinggi. Mitra dalam kegiatan BUDIKDAMBER ini adalah perempuan pemberdayaan keluarga kesejahteraan (PKK) dan ibu-ibu rumah tangga dari desa Ujung Tanjung. Kegiatan ini dilakukan dengan metode penyuluhan dan juga terdapat sesi tanya jawab yang merupakan diskusi dua arah antara mitra dengan tim Kukerta sehingga dapat memberikan penjelasan yang dirasa kurang jelas oleh mitra atau juga dapat membantu memberikan tambahan informasi bagi mitra. Tahapan dalam BUDIKDAMBER meliputi tahap persiapan dan pelatihan Budikdamber plus Aquaponik. 


Kata Kunci


BUDIKDAMBER, budidaya, ikan, sayuran, aquaponik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andhikawati, A., Handaka, A. A., & Dewanti, L. P. 2021. Penyuluhan budidaya ikan dalam ember (budikdamber) di desa Sukapura Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Farmers: Journal of Community Services, 2(1), 47-51.

Harianti, R., Mianna, R., & Hasrianto, N. 2023. Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) dengan Konsep Yumina di Kelurahan Maharatu, Marpoyan Damai. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 44-53.

Isjoni, M. Y. R., Ifada, B., Nazila, H., Syaputra, I., Ikhsan, M. A., Hurrahma, M., ... & Sari, T. U. 2021. Sistem aquaponik budidaya ikan dalam ember “Aquaponik Budikdamber” sebagai alternatif keterbatasan lahan. In Unri Conference Series: Community Engagement (Vol. 3, pp. 524-530).

Nursandi J. 2018. Budidaya Ikan dalam Ember “Budikdamber” dengan Aquaponik di Lahan Sempit. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian. Hal 129-136.

Rokhmah, N. A., C. S. Ammatillah dan Y. Sastro. 2014. Mini Akuaponik untuk Lahan Sempit di Perkotaan. Buletin Pertanian Perkotaan Volume 4 Nomor 2, Balai Pengkajian Teknologi.

Setiyaningsih, D., Bahar, H., Iswan, I., & Al-Mas’udi, R. A. A. 2020. Penerapan Sistem Budikdamber dan Akuaponik Sebagai Strategi dalam Memperkuat Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Semnaskat LPPM UMJ, 7(10), 1–10.

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/ 8054/481.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v10i04.7633

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats