PELATIHAN ANALISIS BUTIR SOAL BERBASIS APLIKASI GUNA MENINGKATKAN ASSESSMENT LITERACY PADA GURU MA UNGGULAN AL IMDAD
Sari
Analisis butir soal adalah suatu prosedur yang sistematis, yang akan memberikan informasi- informasi yang sangat khusus terhadap butir soal yang disusun. Hasil pengukuran itu akan memberi keyakinan pada guru akan tepatnya keputusan yang diambil terhadap siswa. Butir soal yang terlalu lemah akan sukar dipertanggung jawabkan untuk dijadikan sebagai dasar penentuan keputusan, terutama keputusan yang sifatnya mengenai siswa secara individual. Analisis butir soal merupakan salah satu jenis kegiatan guru yang sangat bermanfaat dalam menafsirkan hasil belajar peserta didik dan untuk mengetahui kualitas soal. Hal tersebut mendorong diperlukannya pelatihan analisis tes butir soal secara komputerasi bagi guru MA Unggulan Al-Imdad.Tujuan kegiatan pengabdian adalah pelatihan analisis butir soal untuk meningkatkan assessment literacy guru MA Unggulan Al Imdad. Metode kegiatan berbentuk workshop dilanjutkan dengan pendampingan. Sasaran kegiatan adalah Guru MA Unggulan Al Imdad. Pelatihan tersebut menghasilkan empat temuan. Pertama, kegiatan PPM dapat berjalan dengan baik dan lancar serta penilaian peserta terhadap pelaksanaan PPM juga sangat baik. Kedua, para peserta merasakan peningkatan pemahaman terkait penggunaan aplikasi analisis butir soa. Ketiga, motivasi dan semangat mengikuti pelatihan sangat tinggi karena respon yang diberikan peserta sangat aktif selama proses pelatihan dan pendampingan. Keempat, peserta pengabdian merasa senang dan puas dengan kegiatan pengabdian ini dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan dimasa yang akan datang.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Fanani, M. Z. et al. (2021) ‘Peningkatan Minat Belajar Dan Minat Baca Siswa Melalui Media E-Learning Dan E-Library Untuk Mendukung Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Pada Sekolah Dan Madrasah Di Kab/Kota Blitar Tahun 2020’, Jurnal As-sunniyyah, 1(1), pp. 94–119.
Form, G., Pola, P. and Waste, Z. (2023) ‘20754-Article Text-66427-1-10-20231106’, 6, pp. 1255–1264.
Hayes, A. F. and Coutts, J. J. (2020) ‘Use Omega Rather than Cronbach’s Alpha for Estimating Reliability. But…’, Communication Methods and Measures, 14(1), pp. 1–24. doi: 10.1080/19312458.2020.1718629.
Juliana, M. et al. (2020) ‘Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Pakem’, Penelitian Fisikawan, 3, pp. 8–17. Available at: https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/download/448/432.
Khasanah, I., Fuady, A. and Sunismi (2023) ‘Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Bentuk Pilihan Ganda’, Mathema Journal, 5(2), pp. 110–125.
Magdalena, I. et al. (2021) ‘Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sds Sari Putra’, Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(1), pp. 15–22. Available at: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.
Nur, A. S. and Palobo, M. (2018) ‘Pelatihan Analisis Butir Soal Berbasis Komputerisasi Pada Guru SD’, MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), p. 5. doi: 10.31100/matappa.v1i1.79.
Solak, S., Ucar, M. H. B. and Albadwieh, M. (2020) ‘Computer-based evaluation to assess students’ learning for the multiple-choice question–based exams: CBE-MCQs software tool’, Computer Applications in Engineering Education, 28(6), pp. 1406–1420. doi: 10.1002/cae.22309.
DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v11i01.8044
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]
View My Stats