Rebranding UMKM Desa Kedungboto Menggunakan Platfrom Digital Untuk Meningkatkan Brand Image

Muhammad Allan Firdaus, Dewi Fitria Sari, Ainur Rochmania

Sari


Desa kedungboto merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Porong, kabupaten Sidoarjo. Desa ini merupakan sebuah desa yang memiliki banyak pengusaha UMKM (Usaha Mikro, kecil, dan Menengah), akan tetapi banyak yang masih stagnan dengan hanya mengandalkan pola promosi dari mulut ke mulut WOM (Wouth Of Mouth). Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu dengan melatar belakangi sebuah keinginan agar seluruh usaha yang ada dalam desa kedungboto dapat dikenal oleh masyarakat luas dan menjadikan media sosial tersebut sebagai ikon desa kedungboto sehingga dapat meningkatkan brand image desa kedungboto. Metode yang digunakan memiliki tiga tahapan yaitu tahapan awal yang di isi dengan kegiatan mulai dari pembuatan flayer dan beberapa akun media sosial, tahap pelaksanaan diisi dengan kegiatan pemaparan dan kegiatan foto produk, dan yang terakhir tahap evaluasi. Berdasarkan hasil dari pengabdian masyarakat yang dilaksanakan terhadap UMKM desa kedungboto, dapat dijelaskan terkait kegiatan rebranding yang dilakukan oleh tim pengabdi dalam upaya peningkatan penjualan dengan memanfaatkan sosial media Facebook, Instagram, dan TikTok serta menyertakan publikasi ke media berita memperoleh hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.


Kata Kunci


UMKM,Tranformasi Digital,Rebranding

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Data, K. (2023). UMKM Indonesia. Kadin Indonesia. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/

Ricardo, T., & Laulita, N. B. (2022). Perancangan Dan Penerapan Strategi Promosi Atau Membangun Brand Image Melalui Media Digital Dan Pelatihan Pada UMKM Caukong. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 1442–1451.

Sagiyanto, A., & Darmayanti, A. D. (2019). Strategi Rebranding Kampung Babakan Menjadi Kampung Berkelir Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Image Kota Tangerang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Valdiani, D., Prima Anggradinata, L., & Handayani, P. (2022). Optimalisasi Podcast Sebagai Media Keterbukaan Informasi Publik Menuju Desa Digital Di Desa Bantarsari Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor. Jurnal ABDIMAS FISIB, 1(1), 26–33. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JAF

Wijoyo, H., Vensuri, H., Widiyanti, Denok, S., Haudi, Prasada, D., Kristianti, Lily, S., Luffti, A. M., Rizka, I., Akbar, & Musnaini. (2020). Digitaslisasi UMKM (R. Aminah (ed.); 1st ed.). Grup Penerbitan CV INSAN CENDEKIA MANDIRI. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v11i01.8050

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats