PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKTING DI DESA SOMOPURO, KLATEN

Marlita Wulansari, Muhammad Zainal Abidin, Adis Trisnawati, Annisa Salsabila Puspita, Muhammad Rafian Muzhaffar, Dyah Ayu Listiana, Samuel Tan

Sari


Dukuh Sawahan merupakan sebuah wilayah yang memiliki beragam potensi yang dapat dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakatnya. Potensi-potensi ini mencakup tiga aspek utama: potensi alam, potensi sosial, dan potensi ekonomi yang masing-masing memiliki karakteristik dan nilai strategis tersendiri bagi pengembangan daerah. Dalam rangka mengoptimalkan berbagai potensi tersebut, diperlukan strategi pengembangan yang terintegrasi dan berkelanjutan terutama dalam bidang pemasaran atau digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM, membantu pelaku UMKM dalam mengoptimalkan pemasaran produk, memberikan edukasi kepada masyarakat, dan mendorong transformasi metode pemasaran. Metode pengabdian dilakukan dengan cara menyampaikan materi serta memberikan pendampingan langsung pada pembuatan Alamat usaha pada aplikasi Google Maps. Hasil dari kegiatan pengabdian ini peserta mampu memahami strategi pemasaran menggunakan aplikasi Google Maps. Dengan perencanaan yang lebih matang, kegiatan serupa dapat memberikan dampak yang lebih besar dalam mendorong digitalisasi UMKM dan transformasi ekonomi masyarakat lokal

Kata Kunci


Digital Marketing; Google Maps; Peningkatan Pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Caturani, D., Prihatiningtyas, S., & Fahimah, M. (2021). 3P Marketing Strategy to Increase Furniture Sales Volume at CV Karya Apik Jombang. INCOME: Innovation of Economics and Management, 1(1), 26–34.

Firmansyah, F., Abia, A., & Layli, M. (2022). Sosialisasi Akuntansi Dan Perpajakan Bagi Wajib Pajak Umkm Di Desa Lung Barang Kecamatan Mentarang Hulu Kabupaten Malinau. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 465–470.

Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119.

Klaten, B. P. S. K. (2023). Kabupaten Klaten Dalam Angka Klaten Regency In Figures 2023. Badan Pusat Statistik Kabupaten Klaten.

Prihatiningtyas, S., Umardiyah, F., Wulandari, A., Husna, A. L., Wardani, D. K., Ningsih, W. S., Mufajar, I. A., & Wildan, M. A. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Di Desa Pesantren. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 42–50.

Umami, Z., & Darma, G. S. (2021). Digital Marketing: Engaging Consumers With Smart Digital Marketing Content. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(2), 94–103.

Wijayatri, R., Lestari, L., Benita, I. A., Narizki, M. J., & Octavianto, P. W. (2021). Strategi Digital Marketing Dan Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisata Herbal di Desa Growong. Community Empowerment, 6(3), 486–491.

Wulandari, Z., Alam, A., Purbo Tyas, G., & Syahidah, Y. (2021). Webinar Dan Pelatihan Digital Marketing sebagai upaya meningkatkan promosi produk UMKM. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2), 45–51.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v11i4.9005

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats