Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Kinerja Petugas Pelayanan Resep Obat Jadi di Instalasi Farmasi RSUD Cengkareng
Abstract
Mutu pelayanan rumah sakit dapat dinilai dari kepuasan pelanggan terhadap kecepatan pelayanan dimana hal ini menjadi masalah di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng. Nilai Indeks Kepuasan Pelanggan terhadap Kecepatan Pelayanan diperoleh nilai 59,32%. Kecepatan Pelayanan merupakan indikator dari kinerja dimana hal ini dipengaruhi oleh motivasi kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi kerja dan kinerja petugas pelayanan resep obat jadi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh petugas farmasi yang berjumlah 52 Petugas. Analisis data menggunakan uji statistik Chi-Square untuk mengetahui adanya hubungan motivasi kerja dan kinerja petugas farmasi. Hasil penelitian diperoleh umur responden terbanyak (17-25 tahun atau 53.8%), jenis kelamin terbanyak Perempuan (35 orang atau 67.3%), Pendidikan terbanyak SMU/SMK/SMF (45 orang atau 86.5%), masa kerja terbanyak (5-10 tahun atau 53.8%). Hasil penelitian menunjukan (30 orang atau 57.7%) memiliki motivasi kerja kurang baik dan (27 orang atau 52%) memiliki kinerja rendah. Hasil uji statistik diperoleh bahwa adanya hubungan yang bermakna antara motivasi kerja dan kinerja petugas pelayanan resep obat jadi di Instalasi Farmasi RSUD Cengkareng (X2 ; 0.104, p < 0.05). Untuk peningkatan kinerja petugas dapat dilakukan upaya melalui peningkatan kegiatan pelatihan atau In House Training tentang pentingnya Leadership dan Service Excellent sedangkan untuk meningkatkan motivasi kerja dapat ditingkatkan fungsi controling serta monitoring pimpinan kepada bawahan.
Kata kunci: kinerja, motivasi kerja, pelayananFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hasibuan, “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2003
Herman, Supardi,dkk., “Faktor-faktor yang berhubungan dengan Kinerja Pelayanan Resep oleh Assisten Apoteker di Apotekâ€, 2003
Ilyas, “Kinerjaâ€, Pusat Kajian Ekonomi, Depok, 2002
Indah,R., “Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Kinerja Pegawai Non PNS di RSUD Kota Bekasiâ€, FKM-UI, Depok, 2012
Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1197/MENKES/SK/X/2004 Tentang Standar Pelayanan Farmasi Rumah Sakit
Moeheriono, “Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensiâ€, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor, 2009
Nawawi, Hadari, “Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industriâ€, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 2006
Notoatmodjo, Soekidjo, “Pengembangan Sumber Daya Manusiaâ€, PT Rineka Cipta, Jakarta, 2009
_________, “Metodologi Penelitian Kesehatanâ€, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2010
Nunu, Nugraha, “Hubungan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Perawat di RSUD Serangâ€, Jakarta, 2009
Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 tentang Tenaga Kesehatan
Purwanto, M.Ngalim, “Administrasi dan Supervisi Pendidikanâ€, Remaja Roesdakarya, Bandung, 2000
Rivai, Veithzal dan Ahmad Fawzi Mohd Basri, “Performance Appraisal: Sistem yang Tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaanâ€, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005
Saryono, “Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatanâ€, Nuha Medika, Yogyakarta, 2013
Setiawati, Wiwiek, “Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Pegawai Rumah Sakit Duren Sawit Jakarta Timur Tahun 2007â€, Skripsi Sarjana, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Depok, 2007
Siagian, Sondang.P., “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€, Bumi Aksara, Jakarta, 1993
Stephen P., Robbins-Timothy A-Judge, “Perilaku Organisasiâ€, Edisi ke-12, Salemba Empat, Jakarta, 2008
Sugiyono, “Metodologi Penelitian Bisnisâ€, cetakan kedelapan, CV Alfabeta, Bandung, 2005
_________, “Statistik untuk Penelitianâ€, CV Alfa Beta, Bandung, 2007
_________, “Memahami Penelitian Kualitatifâ€, cetakan keempat, CV Alfabeta, Bandung, 2008
Sunyoto, D., “Buku Ajar Statistik Kesehatan Parametrik, Non Parametrik, Validitas dan Reliabilitasâ€, Nuha Medika, Yogyakarta, 2013
Sutanto, “Bahan kuliah Statistic Non Parametrikâ€, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Peminatan Infokes, Universitas Indonesia
Toto Syatori Nasehudin,M.Pd, Nanang Gozali, M.Ag (Ed), “Metode Penelitian Kuantitatifâ€, Pustaka Sedia, Bandung, 2012
Winardi, “Kepemimpinan dalam Manajemenâ€, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2000
Yaslis Ilyas, “Kinerja, Teori, Penilaian dan Penelitianâ€, Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2008
Yuanita, Umiyati, “Faktor-faktor yang berhubungan dengan Kineja Petugas Laboratorium di Instalasi Patologi Klinik Perja RS Kanker “Dharmais†Tahun 2004â€, Tesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Depok, 2004
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]