KECANTIKAN DAN MODE: REPRESENTASI TUBUH DAN INDENTITAS PEREMPUAN DALAM MEDIA

Sarah Santi

Abstract


Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi membawa dampak besar dalam kehidupan kita, antara lain bisa terlihat pada perempuan perkotaan. Mereka menggunakan media massa seperti majalah perempuan dan televisi sebagai sumber acuan untuk tampilan mereka. Tidak heran kemudian apabila apa yang digunakan oleh para pemeran serial TV “Sex and the Cityâ€Â juga diadopsi oleh para perempuan muda di kota-kota besar di seluruh dunia. Pertanyaannya kemudian apakah media massa sebenarnya merupakan cermin dari masyarakatnya atau justru ia sebagai agen yang merekonstruksi nilai-nilai sosial bagi masyarakatnya? Tulisan ini mencoba memaparkan peran media massa yang besar dalam merekonstruksi norma-norma kecantikan dan kaitannya dengan kepentingan ekonomi politik kapitalisme. Seringkali perempuan tidak sadar bahwa mereka terhegemoni bahkan untuk selera estetika mereka oleh pemegang kuasa yaitu pemilik modal. tubuh perempuan yang dijadikan fragmen tandatanda untuk kemudian diobjektifikasi dan dikomodifikasi demi keuntungan pemilik modal. Tetapi para perempuan sendiri
seringkali beragumentasi bahwa perhatian mereka pada kecantikan dan mode adalah atas nama otonomi dan ekspresi diri. 

Kata kunci:
Media massa, norma-norma kecantikan, perempuan, nilai-nilai social, hegemoni, pemilik modal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]