HUBUNGAN ASAL JURUSAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Yayah Karyanah

Abstract


Abstrak

Asal Jurusan adalah jurusan pada pendidikan sekolah menengah umum yang ditempuh siswa sebelum melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Prestasi belajar merupakan tingkat pengetahuan yang dimiliki seseorang dalam mencerna informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan  (PSIK) Universitas Esa Unggul berasal dari macam-macam jurusan, dimana masing-masing mempunyai kompetensi yang berbeda, Hal ini akan mempengaruhi mahasiswa dalam mendalami materi perkuliahan dan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini mendiskripsikan dan menganalisis Hubungan Asal Jurusan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa PSIK Universitas Esa Unggul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskritif korelasi menggunakan metode pendekatan cross sectional. Variabel dalam penelitian ini adalah asal jurusan (variabel independen) dan prestasi belajar (variabel dependen).Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PSIK Universitas Esa Unggul sebanyak 120 mahasiswa.Sampel adalah mahasiswa Semester IV sebanyak 39 orang. Pengambilan Sampel dengan Purposive Sampling.Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik Kolmogorov - Smirnov.. Hasil uji statistik  p value 0,880 > dari 0,05..Artinya tidak ada hubungan asal jurusan dengan prestasi belajar mahasiswa semester IV Program Studi Ilmu Keperawatan.Namun Prestasi belajar  mahasiswa asal jurusan SMA IPA lebih baik  dibandingkan  prestasi belajar asal jurusan SMA IPS dan SMK.. Kesimpulan : Semua asal jurusan dapat dijadikan dasar seleksi penerimaan mahasiswa baru pada Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Esa Unggul.

 

Kata kunci:asal jurusan, prestasi belajar, PSIK


Full Text:

PDF

References


Ahmadi. H. Abu, Supriyono, Widodo, “Psikologi Belajarâ€, Rineka Cipta, Jakarta, 2013

Dahlan, M.Sopiudin, “Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatanâ€,Salemba Medika, Jakarta, 2009

Hairani. H. Makmum, “Psikologi Belajarâ€, Aswaja Pressindo, Yogyakarta, 2013

Hamalik, “Psikologi Belajar dan Mengajarâ€, Sinar Baru, Bandung, 2008

H.Rahmat, “Statistika Penelitianâ€, Penerbit Pustaka Seti, Bandung, 2013

Lapau, Buchari, “Metode Penelitian Kesehatanâ€, Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2012

Nursalam, “Konsep dan PenerapanMetodologiPenelitianKeperawatanâ€, SalembaMedika, Surabaya, 2003

Nursalam,“ManajemenKeperawatanAplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesionalâ€, Salemba Medika, Surabaya, 2003

Nasution,“Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajarâ€, Bumi Aksara, Jakarta, 2010

Purwanti.M., “PsikologiPendidikanâ€, Remaja Rosda Karya, Bandung, 2004

Syaifudin, Bahri Djamarah, “Psikologi Belajarâ€, Rineke Cipta, Jakarta, 2008

Sukayndarrumidi, “Metodologi Penelitianâ€, Gajah Mada University Press, Jogyakarta, 2012

Syah.M, “Psikologi Belajarâ€, Raja Grafindo, Jakarta, 2006

Slameto, “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinyaâ€, Rineka Cipta, Jakarta, 2003

Siti Pariani dan Nursalam,“Metodologi Riset Keperawatanâ€, Surabaya, CV Sagung Seto, Surabaya, 2001

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€, Alfuabeta, Bandung, 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]