PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING

Novendawati Wahyu Sitasari

Abstract


Abstrak

Kasus bullying di sekolah semakin lama menjadi fenomena yang menyebar di dunia dan memiliki dampak negatif terhadap atmosfer sekolah. Hal ini terkait dengan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menangani perilaku bullying. Hasil menunjukkan tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan keterampilan dalam menangani bullying. Artinya bahwa pengetahuan yang dimiliki guru tidak mempengaruhi keterampilan guru dalam menangani bullying. Ketika guru memiliki pengetahuan yang baik tidak selalu diikuti dengan keterampilan yang baik. Begitu juga ada guru yang memiliki keterampilan untuk menangani bullying yang baik, namun pengetahuannya terhadap bullying masih minim. Adanya pengetahuan guru yang tidak diikuti oleh keterampilannya dalam menangani bullying disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kepedulian dan sikap guru, selain itu guru kurang percaya diri dalam menangani bullying. Guru cenderung belum merespon peristiwa bullying secara efektif dan cenderung mengabaikan.

 

Kata kunci: Bullying, pengetahuan, keterampilan guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]