KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 31 JAKARTA

Alberth Supriyanto Manurung

Abstract


Abstract

The objective of the research is to determine the contribution learning model PAKEM with mathematic learning result. The study makes use of survey method which implements regression and contribution technique. The research was conducted at SMA 31 Jakarta, kecamatan Matraman, Jakarta Timur with n=30 using Cluster Sampling technique.The result of research show there is a positive contribution learning model PAKEM with mathematic learning result. Based on the result of research, the students mathematic learning result could be enhanced by increasing learning model PAKEM, since the result of verification simply be able to prove the learning model PAKEM to be significant determinant factors.

 

Keywords : learning model PAKEM, mathematic learning result and contribution

 

                            Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kontribusi model pembelajaran PAKEM terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan mengunakan teknik analisis regresi dan korelasi sederhana. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 31 Jakarta kecamatan Matraman, Jakarta Timur dengan n=30 dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara model pembelajaran PAKEM terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar matematika dapat ditingkatkan dengan mengunakan model pembelajaran PAKEM, karena hasil verifikasi membuktikan bahwa model pembelajaran PAKEM menjadi faktor-faktor penentu yang signifikan.

 

Kata Kunci: model pembelajaran PAKEM, hasil belajar matematika dan kontribusi

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Herbert, L. P.,Jhon, M. G. (2004). Motivation Theory, Research, and Applications. Belmont: Wadsworth Thomson Learning.

Lawrence, A. P, Daniel, C, and Oliver, P. J.(2005). Personality Theory and Research. New Jersey: John Wiley & Sons, 2005.

Sudjana.(1995) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono,(2008), Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2010), Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.

Suryabratha, Sumardi. (2004), Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]